29 April 2018

Tutorial Cara Pemasangan RJ45 Belden Mode Straight untuk Kabel UTP CAT 5E Belden dan CAT 6 AMP

Disela-sela persiapan UNBK, pada tahapan instalasi jaringan pada Bulan Februari lalu, saya sempatkan membuat video tutorial di YouTube, namun belum sempat saya tulis penjelasannya di blog Mr Gaptek ini. Video tutorial tersebut adalah tentang tutorial cara pemasangan RJ45 mode straight untuk kabel UTP Cat 5E dan CAT 6.

Tutorial Cara Pemasangan RJ45 Belden Mode Straight untuk Kabel UTP CAT 5E Belden dan CAT 6 AMP

Dalam proses persiapan UNBK yang paling ribet dan memakan waktu banyak adalah instalasi jaringan dan listriknya. Satu ruangan UNBK bisa memakan waktu seminggu untuk instalasi listrik dan jaringan 40 client dan 1 server utama.

Kebetulan saya melakukan instalasi jaringan untuk dua ruang UNBK dengan total client sebanyak 80 client. Dan memakan waktu dua minggu lebih berbarengan dengan instalasi listrik juga per-client.

Satu ruang UNBK menghabiskan kabel UTP 1 roll lebih sedikit, 1 roll panjangnya 305 meter. Ditambah dengan 2 switch 24 port, 2 stabilizer, dan 1 UPS 1200 VA untuk server.

Dalam pemasangan RJ45, pilihlah RJ45 yang kualitas bagus. Saya pilih yang RJ45 Belden yang asli. Sehingga hasil maksimal, dan jarang terjadi kegagalan dalam pemasangan. Meskipun menggunakan Crimping Tool yang biasa.

RJ45 Belden tentu sudah sangat cocok dipasangkan untuk UTP Cat 5E Belden. Sedangkan untuk kabel UTP Cat 6 AMP yang memiliki kabel yang lebih tebal, tidak perlu khawatir, RJ45 Belden bisa digunakan untuk UTP Cat 6 AMP, meskipun sedikit keras dalam pemasangannya.

Urutan Warna Mode Straight

Urutan warna mode straight dalam pemasangan RJ45 pada UTP Cat 5E atau Cat 6 adalah sebagai berikut:
1. Orange Putih
2. Orange
3. Hijau Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Hijau
7. Coklat Putih
8. Coklat

Urutan di atas dimulai dari kiri ke kanan, dengan keadaan konektor RJ45 menghadap ke atas. Sama juga untuk ujung satunya dengan pola urutan warna yang sama.

Mode straight ini cocok untuk hubungan LAN dari switch ke komputer client.

Peralatan yang diperlukan untuk pemasangan RJ45 adalah:
1. Kabel UTP Cat 5E atau Cat 6.
2. Crimping Tool dan Pengupas Kabel LAN
3. RJ45 Belden
4. LAN Tester

Langkah-Langkah Pemasangan RJ45

Pertama, kupaslah kabel LAN kurang lebih 1-2 cm. Kemudian urutkan warna-warna sesuai degan urutan warna mode straight di atas dan luruskan satu persatu atau bersamaan kabel-kabel kecil tersebut.

Setelah kabel-kabel sudah diurutkan sesuai dengan urutannya dan sudah lurus, potonglah dengan Crimping Tool sampai rata hingga tersisa kurang lebih 1 cm dari kulit kabel UTP terluar.

Kemudian pasanglah RJ45 dengan arah konektor menghadap ke atas, dan kemudian masukkan kabel UTP tersebut dengan urutan warna dari kiri ke kanan.

Selanjutnya tahan dan kuncilah RJ45 tersebut dengan Crimping Tool. Pastikan kabel-kabel di dalamnya mentok dan tertusuk pin-pin di dalam RJ45 tersebut.

Terakhir tes lah dengan LAN Tester bila perlu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video tutorial pemasangan RJ 45 di bawah ini:



Kesimpulan

RJ45 Belden cocok untuk digunakan pada UTP Cat 5E Belden dan Cat 6 AMP. Yang perlu Anda perhatikan adalah urutan-urutan warna untuk mode straight dan penguncian yang benar dengan Crimping Tool. Jika semua sudah benar Anda lakukan, mudah-mudahan hasil pemasangan RJ45 awet dan tidak mudah rusak atau ada yang lepas.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.