26 April 2018

Router Mikrotik Untuk Sekolah, Saya Pilih RB3011UiAS-RM, Kenapa?

Alhamdulillah punya kesempatan untuk nulis lagi di blog Mr Gaptek ini setelah berbulan-bulan libur menulis. Ini terjadi karena kesibukan Mr Gaptek di tempat kerja, hehe. Mulai dari kesibukan mengajar di sekolah sampai menjadi teknisi UNBK di dua sekolah. Kali ini Mr Gaptek akan menjelaskan kenapa kok Mr Gaptek memilih router Mikrotik RB3011UiAS-RM untuk sekolah.



Router Mikrotik Untuk Sekolah, Saya Pilih RB3011UiAS-RM, Kenapa?

Apa itu Router?

Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus tau dulu apa itu router. Router adalah jantungnya jaringan. Routerlah yang melakukan pengaturan lalu-lintas dalam jaringan tersebut. Router menghubungkan jaringan satu dengan yang lainnya. Contoh jaringan lokal kita (intranet) dihubungkan dengan jaringan internet.

Kenapa Router Mikrotik?

Router Mikrotik adalah router yang memiliki banyak sekali fitur yang dibutuhkan untuk mengatur sebuah jaringan lokal kita dengan harga yang terjangkau. Beberapa fitur yang paling sering dibutuhkan akan fitur Hotspot, Web Proxy, Firewall, Load Balancing, dan lain-lain.

Untuk setingkat sekolah dengan pengguna internet yang banyak sangat tepat jika kita memiliki minimal sebuah router untuk mengatur jaringan. Bahkan warnet pun juga harus punya router untuk mengatur jaringannya.

Fitur yang paling saya butuhkan adalah fitur Hotspot, Web Proxy, dan Firewall.

Dengan fitur hotspot di Mikrotik, kita bisa mengharuskan pengguna untuk melakukan login ke hotspot terlebih dahulu sebelum menggunakan internet. Kita bisa atur grup user profile pengguna seperti guru, siswa, dan tamu, kemudian kita set bandwidth maksimal untuk upload dan downloadnya per user profile. Dan juga batasan akses situs untuk user profile tersebut.

Fitur Web Proxy untuk mempercepat membuka halaman jika halaman pernah dibuka, karena file gambar atau script pada halaman yang pernah dibuka akan disimpan sementara di memori penyimpanan router, dan kita bisa cek apa saja yang disimpan di dalamnya. Fitur Web Proxy ini juga bisa kita gunakan untuk meblokir akses ke situs tertentu.

Fitur Firewall ini digunakan untuk memblokir akses ke situs atau port tertentu yang tidak bisa dilakukan di Web Proxy, atau untuk mengizinkan akses ke jaringan atau port tertentu.

Fitur lainnya yang sering saya gunakan adalah Script dan Scheduler. Dengan bantuan dua fitur ini saya bisa menjadwalkan kapan script itu dieksekusi atau dijalankan. Script tersebut berisi perintah tertentu, contoh perintah yang paling sering saya gunakan adalah mematikan atau menghidupkan user atau user profile tertentu, dan juga mematikan atau menghidupkan ethernet port tertentu.

Bahkan dengan fitur tambahan yaitu User Manager, kita bisa membuat voucher internet yang bisa kita atur sesuai kebutuhan dengan mudah.

Kenapa Mikrotik RB3011UiAS-RM?

Mikrotik RB3011UiAS-RM adalah router Mikrotik level 5 yang menurut saya paling canggih dan lengkap fiturnya di levelnya. Dulu memang pernah di sekolah saya menggunakan RB1100AHX2 dengan kinerja yang lebih baik dan fitur lengkap juga, namun harganya jauh lebih mahal.

Mikrotik RB3011UiAS-RM

Harga Mikrotik RB3011UiAS-RM sekitar Rp 2.500.000,-, lebih dibandingkan Mikrotik RB1100AHX2, level 6, harganya sudah di atas Rp 5.000.000,-.

Mr Gaptek memilih RB3011UiAS-RM ini karena memang pengguna internet di lingkungan sekolah ada sekitar 100-an pengguna aktif. Tidak ada alasan untuk tidak memilih Mikrotik level 5. Pilihan lain yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk mikrotik level 5 adalah RB450g dan RB850gx2.

RB450g


Jika pengguna masih di bawah 20, kami pernah menggunakan RB750gr2. Alternatifnya adalah RB750gr3 yang memiliki kemampuan yang lebih baik di kelas Mikrotik level 4.

Spesifikasi RB3011UiAS-RM

RB3011UiAS-RM berprosesor ARMv7 Dual Core 1.4 GHz. RAM 1 GB. HDD 128 MB.

Spesifikasi RB3011UiAS-RM

Kesimpulan

Router Mikrotik RB3011UiAS-RM saya pilih karena memang kebutuhan sekolah untuk menangani 100-an pengguna internet aktif dengan akses internet yang harus dibatasi sesuai dengan keadaan. Untuk alternatif Anda bisa gunakan RB850gx2.

 RB850gx2

Sekian dari Mr Gaptek. Semoga bermanfaat! ^_^

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.