16 May 2017

Inilah Cara Mengubah File Word Menjadi PDF dan Sebaliknya File PDF Menjadi Word

File dokumen Word dipopulerkan oleh Microsoft Word dengan ekstensi file *.doc dan *.docx. File Word merupakan dokumen yang biasa dibuat untuk keperluan perkantoran dalam urusan penulisan dokumen. Sedangkan PDF adalah kepanjangan dari portable document format, dimana dokumen dengan format PDF adalah dokumen yang siap dilihat, dibagikan, ataupun dicetak dengan tanpa perubahasan dari dokumen aslinya.

File dengan format PDF pada dasarnya tidak bisa atau sulit untuk dirubah. Untuk itu, biasanya kita perlu menyimpan dokumen Word ke format PDF agar tidak berubah ketika kita pindah ke komputer lain. Dibandingkan jika kita menggunakan format Word, maka dokumen masih mudah dirubah kapanpun.


Dokumen-dokumen resmi yang dipublikasikan resmi oleh pemerintah di website resminya tentu pada umumnya sudah dalam bentuk PDF.

Untuk itu Anda juga, jika Anda akan mempublikasikan dokumen Anda, sebaiknya dokumen Word milik Anda dijadikan PDF terlebih dahulu. Seperti halnya jurnal-jurnal ilmiah hasil penelitian sudah di-publish dalam bentuk PDF.

Hal ini juga penting Anda lakukan ketika Anda ingin mencetak dokumen tersebut di lain tempat, seperti contohnya di warnet. Ubahlah Word ke PDF, dan selanjutnya Anda ambil file PDF tersebut dan Anda cetak di warnet.

Pernahkah Anda mendengar teman Anda mencetak dokumen Word-nya di lain tempat, tetapi jadi acak-acakan hasilnya? Bisa jadi karena Word tersebut dibuka dengan Microsoft Word yang berbeda versinya. Untuk itu, jika Anda ingin mencetak di tempat lain, simpanlah dokumen Anda dalam bentuk PDF.

Untuk melakukan konversi atau convert atau mengubah file Word menjadi PDF tentu tidak bisa serta merta mengubah ekstensi *.doc atau *.docx menjadi *.pdf. Ada cara-cara yang harus Anda lakukan.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF di Microsoft Office 2010/2013/2016

Jika Anda menggunakan Microsoft Word 2010 atau yang lebih baru, maka Anda tinggal melakukan Save As dokumen Word tersebut ke PDF.

Pada Microsoft Word 2010, klik File, lalu klik Save As.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF di Microsoft Office 2010/2013/2016

Selanjutnya pada bagian Save as type pilih PDF.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF di Microsoft Office 2010/2013/2016

Klik Save untuk menyimpan.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF di Microsoft Office 2007

Fitur Save as ke PDF tidak langsung disediakan di Microsoft Office 2017. Anda harus menambahkan add-in tambahan untuk bisa melakukan Save as ke PDF di Microsoft Office 2007.

Download add-in SaveAsPDFandXPS.exe di bawah ini untuk Microsoft Office 2007:

https://download.microsoft.com/download/f/4/b/f4bfd843-a0b6-4031-aa98-0a3db7403d0f/SaveAsPDFandXPS.exe (0.91 MB)

atau

https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7

Install SaveAsPDFandXPS.exe tersebut dengan double klik, setelah selesai install, buka Microsoft Word 2007, dan cek di menu File, Save As. Sudah ada menu Save as to PDF.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF dengan Foxit Reader

Foxit Reader adalah salah satu software yang digunakan untuk membuka file PDF atau disebut PDF Reader/PDF Viewer. Foxit Reader cukup ringan untuk komputer dibanding software PDF Reader lainnya. 

Foxit Reader saat ini memiliki fitur mengubah file Word menjadi PDF. Dengan Anda meng-install Foxit Reader, maka ketika Anda mencetak dokumen Word akan ada pilihan printer Foxit Reader PDF Printer.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF dengan Foxit Reader

Hasilnya file Word akan terbentuk dalam file PDF. Foxit Reader bisa Anda download gratis di:

https://www.foxitsoftware.com/downloads/


Cara Mengubah File Word Menjadi PDF dengan Nitro PDF Creator

Nitro PDF Creator juga memiliki fungsi yang sama seperti Foxit Reader. Setelah Anda meng-install Nitro PDF Creator maka akan muncul printer Nitro PDF Creator.

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF dengan Nitro PDF Creator

Hanya saja, Nitro PDF Creator ini tidak gratis, tetapi Anda bisa mencoba versi trial-nya. Kunjungi alamat di bawah ini:


Mengubah File Word Menjadi PDF Secara Online

Untuk cara online tanpa software tambahan, coba ketik kata kunci "word to pdf online" maka Anda akan menemukan banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas convert file word ke PDF secara gratis.

Mengubah File Word Menjadi PDF Secara Online

Mengubah PDF Menjadi Word

Kalau mengubah atau convert file PDF menjadi Word membutuhkan teknologi yang disebut OCR (Optical Character Recognition). Anda bisa cari secara gratis via Google dengan keyword "free online OCR". 


Mengubah PDF Menjadi Word

Namun jika Anda ingin menggunakan software, Anda bisa gunakan Foxit PhantomPDF ataupun Nitro PDF Reader Pro, yang tentunya tidak gratis, tetapi Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

File PDF akan dirubah menjadi Word, namun terkadang jika teknologi OCR yang digunakan kurang sempurna terkadang ada yang ditampilkan dalam bentuk gambar saja. Sehingga keberhasilan mengubah file PDF menjadi Word ini tidak selalu 100%.


Silahkan Anda coba cara-cara tersebut yang mudah untuk Anda. Semoga bermanfaat.



Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.