03 May 2017

Laptop Tiba-Tiba Mati Total, Apa Penyebabnya dan Solusinya?

Mungkin Anda punya pengalaman laptop tiba-tiba mati total dan Anda ingin mengetahui apa penyebabnya dan solusinya. Memang tidak mudah untuk mengetahui penyebabnya kalau kita tidak terlalu mengerti hardware komputer.

Pengalaman Laptop Tiba-Tiba Mati Total

Mr Gaptek kali ini punya pengalaman buruk, laptop tiba-tiba mati total. Laptop ini adalah laptop HP Pavilion DM4, yang memiliki suara yang bagus dan keyboard bisa dinyalakan. Laptop ini dibeli sekitar tahun 2013 dan pertengahan 2016 tiba-tiba mati total.

Laptop Tiba-Tiba Mati Total - HP Pavilion DM4


Dilihat dari riwayat laptop tersebut, laptop tersebut pernah aktif sekitar 6 bulan untuk gaming dan programming sampai akhir hayatnya. Dan lebih-lebih laptop ini seringkali ngelembur sendiri, alias tidak di matikan, dibiarkan begitu saja di meja kerja sampe besok dipake lagi untuk kerja. Dan kalau di bawa kemana-mana jarang sekali di shutdown, hanya di tutup saja supaya sleep sendiri.

Ternyata kelakuan itu tidak bagus untuk kesehatan laptop. Jangan ditiru ya!
Jika Anda ingin laptop Anda ingin sehat terus maka gunakanlah sewajarnya, aturlah waktu pemakaian, jika tidak Anda gunakan maka matikan saja (di shutdown).

Pengalaman Teman: Laptop Tidak Mau Menyala

Ada pengalaman teman, menggunakan laptop Acer E5 471 kalau tidak salah, yang berprosesor Core i-7 dengan VGA NVDIA. Laptop tersebut sudah 2 kali diservis  karena laptop tiba-tiba mati total. Kerusakan pertama adalah Motherboard terbakar, mungkin karena pemakaian yang terlalu lama untuk editing video, rendering, dan desain grafis. Ternyata laptop ini sepertinya belum mendukung untuk kegiatan multimedia yang intens.

Kerusakan kedua, lagi-lagi laptop tiba-tiba mati total tidak bisa menyala, setelah dibawa ke tempat servis, kerusakannya adalah di VGA yang terbakar. Wah-wah ini tentu karena aktivitas multimedia ditambah karena terlalu sering membaca DVD, karena kebetulan dikejar deadline untuk mengoreksi hasil karya UKK siswa SMK Multimedia sebanyak 50 siswa. Dan ternyata laptop tersebut mati lagi.

Menurut saya ya beigitulah laptop, sebaiknya jika Anda punya aktifitas yang tinggi dalam penggunaan laptop seperti Gaming, Editing Video, Rendering, dan aktfitas multimedia lainnya, maka gunakanlah PC dengan spesifikasi yang lebih besar dan punya sistem pendingin yang baik. Laptop punya keterbatasan dalam hal spesifikasi dan juga tentu pendingin yang kurang maksimal.

Kesimpulan

Dari pengelaman-pengalaman di atas, penggunaan laptop yang tidak wajarlah penyebab kerusakan motherboard dan VGA, sehingga laptop tiba-tiba mati total.

Untuk itu ikutilah petunjuk Mr Gaptek di bawah ini agar laptop Anda lebih awet:
  1. Berhentilah menggunakan laptop jika laptop Anda sudah terasa panas atau jangan menunggu laptop sampai terasa sangat panas. 
  2. Gunakanlah laptop di ruangan dengan pendingin yang baik, atau Anda menggunakan pendingin tambahan untuk laptop.
  3. Jangan menggunakan laptop berjam-jam di atas kasur, karena kasur atau kain akan menghambat sirkulasi udara laptop Anda.
  4. Pilihlah laptop sesuai dengan penggunaan Anda. Jika Anda gamer, belilah laptop yang memang khusus untuk gamer, jika laptop yang Anda punya spesifikasinya biasa saja jangan dipaksakan untuk main game-game berat.
  5. Gunakanlah PC jika memang Anda gamer game-game berat dan punya kegiatan multimedia yang ketat seperti YouTuber.

Solusinya jika laptop Anda sudah mati tidak menyala lagi, bawalah ke tempat servis terdekat, jika masih garansi maka claim garansi. Kira-kira jika keusakan motherboard laptop itu sebesar 1-1.2 Juta dan untuk kerusakan VGA kebetulan ini sampai 1.8 juta.

Maka untuk itu jangan sampai terjadi lagi. Lebih baik pencegahan daripada pengobatan ya...! :)

Sekian pengalaman dan saran-saran dari Mr Gaptek, semoga bermanfaat.



Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.