17 May 2017

Inilah Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer atau Laptop Windows, Agar Tidak Terlalu Terang dan Tidak Terlalu Redup

Masalah mata lelah dan pusing-pusing terkadang terjadi akibat kita terlalu lama di depan komputer atau laptop. Salah satu cara untuk mengatasi masalah mata lelah adalah dengan mengurangi kecerahan jika layar komputer atau laptop terlalu terang, jika layar komputer atau laptop terlalu redup maka harus disesuaikan yang pas dengan kondisi ruangan dan mata Anda.

Secara default, biasanya kecerahan layar laptop cukup tinggi, sehingga cukup menyilaukan mata ketika Anda menggunakan laptop di ruangan yang agak gelap atau malam hari.

Pada laptop dengan sistem operasi Windows, sudah disediakan fitur untuk mengurangi atau menambah kecerahan pada layar. Seperti halnya Anda mengatur kecerahan pada layar HP android Anda, di laptop atau komputer pun juga bisa Anda lakukan dengan mudah.

Namun untuk komputer PC, pengaturan kecerahan layar dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu melalui pengaturan kecerahan (brightness dan contrast) pada perangkat monitor LCD. Biasanya berupa tombol (+) dan (-).

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Jika Anda menggunakan laptop Windows, Anda melakukan pengaturan di Power Options. Klik pada icon baterai di Taskbar, kemudian klik More Power Options.

Inilah Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer atau Laptop Windows, Agar Tidak Terlalu Terang dan Tidak Terlalu Redup

Atau klik kanan icon baterai tersebut. Kemudian klik Power Options.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Atau jika Anda menggunakan Windows 8, klik kanan tombol Start, kemudian klik Power Options.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Pada jendela Power Options ubahlah tingkat kecerahan layar laptop Anda di bagian bawah tepatnya pada bagian Screen brightness.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Aturlah sesuai dengan kebutuhan saja.

Cara lain untuk mengatur kecerahan cahaya layar, bisa juga Anda lakukan melalui Windows Mobility Center. Caranya buka Command Prompt dengan menekan tombol dan R, kemudian ketik "mblctr" (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter atau klik OK.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Maka jendela Windows Mobility Center akan terbuka.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer/Laptop Windows

Selanjutnya Anda bisa atur kecerahan layar pada bagian Display brightness.

Pada komputer PC, yang bisa Anda lakukan adalah mengatur kecerahan pada perangkat monitor LCD. Beruntung jika ada tombol pengaturannya. Jika tidak ada mungkin Anda perlu merubah tema dengan tema yang lebih gelap.

Pada laptop biasanya sudah disediakan shortcut khusus pada keyboard untuk menambah atau mengurangi kecerahan layar. Contohnya pada laptop Acer milik Mr Gaptek, cara mengatur kecerahan layar hanya dengan menekan tombol Fn dan tombol arah kanan (untuk menambah kecerahan) serta tombol Fn dan tombol arah kiri (untuk mengurangi kecerahan).

Silahkan cek pada laptop Anda masing-masing.

Tidak Bisa Mengatur Kecerahan Layar Pada Laptop

Jika Anda menemukan masalah tidak bisa mengatur kecerahan pada layar laptop maka kemungkinan besar adalah driver VGA laptop yang belum di-install atau ada kerusakan lain pada VGA. Untuk itu periksalah kembali peng-install-an driver VGA di laptop Anda.

Mr Gaptek pernah mengalami hal ini, tidak tersedianya pengaturan Screen brightness pada jendela Power Options. Ternyata driver VGA belum di-install. Setelah di-install, maka pengaturan kecerahan layar pun bisa dilakukan.

Demikianlah cara untuk mengatur kecerahan layar komputer atau laptop, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. cara ngecek vganya gimana? pnya saya kontrasnya gak bisa di ubah (naik turun kecerahannya sama aja)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.