18 May 2017

Inilah 8 Penyebab dan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Mr Gaptek pernah mengalami permasalahan baterai laptop yang tidak mengisi, padahal umur laptop masih terbilang muda. Ada masalah tentu ada penyebabnya. Untuk itu kita hanya coba menduga-duga penyebabnya agar kita bisa lebih berhati-hati dan menjaga agar baterai laptop tetap awet. Meskipun umur baterai ada batasannya, menjaga baterai agar tetap awet itu tentu lebih baik.

Baterai laptop yang masih sehat ketika dicas (di-charge), berstatus Plugged in, Charging.

Inilah 8 Penyebab dan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Yang bermasalah jika icon baterai bertanda silang warna merah dan berstatus Plugged in, Not charging.

Mari kita pelajari penyebab-penyebabnya dan cara memperbaikinya.
  •  Baterai Terjatuh
Dulu Mr Gaptek pernah mencoba untuk menjaga baterai agar tetap awet, katanya kalau sudah penuh baterai harus dicabut, dan laptop mendapat supply listrik dari adaptor langsung. Dan ternyata baterai yang sudah dilepas tersebut malah terjatuh ke lantai dengan ketas dari ketinggian 1 meter lebih. Akibatnya baterai yang sebelumnya tahan sampai 3 jam, setelah terjatuh turun menjadi 30 menit saja.

Semakin lama umur baterai semakin berkurang, setelah beberapa bulan kemudian, icon baterai bertanda silang warna merah dan berstatus Plugged in, not charging.

Kalau jadinya seperti itu, enggak-enggak lagi deh batre dicabut. Sebaiknya kalau batre penuh, tinggal Anda cabut saja adaptor charger-nya.

Kalau sudah rusak seperti ini berarti Anda harus mengganti dengan baterai yang baru.

  • Dicas (Di-charge) terus menerus
Mr Gaptek mendapati teman yang menggunakan laptop dengan charger yang selalu dicolok terus menerus di laptopnya. Dan laptop pun tidak juga beristirahat. Akibatnya icon baterai laptop bertanda silang warna merah dan berstatus Plugged in, not charging ketika dicas, dan wajib dicas jika menyalakan laptop. Karena baterai sudah tidak bisa diisi.

Jika permasalahannya benar-benar pada baterainya yang sudah rusak, berarti yang perlu dilakukan adalah mengganti dengan baterai yang baru.
  • Baterai Longgar
Nah, ini juga terkadang sepele permasalahannya. Sempat membuat bingung yang punya laptop. Baterai sama sekali tidak mengisi dan bertanda silang warna merah, setelah diusut ternyata hanya longgar saja baterainya.

Cara memperbaikinya: matikan laptop dan cabut adaptor, kemudian cabut baterai dan pasang kembali. Pastikan Anda memasang baterai benar-benar sudah pas dan rapat.

  •  Baterai Sering Kepanasan
Pemakaian laptop yang cukup lama juga membuat suhu laptop Anda semakin panas. Suhu panas yang tinggi ini juga bisa sampai ke baterai laptop. Ketika baterai laptop Anda terpapar panas dalam waktu yang lama, maka akan membuat baterai laptop Anda cepat ngedrop, lama kelamaan dan sampai akhirnya baterai tidak bisa diisi.

  • Aliran Listrik Putus 
Jika permasalahannya adalah aliran listrik yang terputus atau ada masalah pada stopkontak, maka icon baterai tetap normal dan tidak ada proses pengisian baterai. Jadi yang Anda perbaiki adalah kabel pada jalur listrik saja bukan pada laptop, maupun adaptor charger laptop.
  • Driver Baterai Error 
Driver baterai yang error atau rusak juga terkadang menjadi penyebab baterai tidak bisa diisi ketika dicas. Untuk memperbaikinya cobalah update driver baterai laptop Anda.

Buka Device Manager, di Windows 8 klik kanan tombol Start, lalu klik Device Manager.

Inilah 8 Penyebab dan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Buka pada bagian Batteries, klik kanan salah satu driver, kemudian klik Update Driver Software.

Inilah 8 Penyebab dan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Klik Search automatically for updated driver software.

Inilah 8 Penyebab dan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Cara ini membutuhkan koneksi internet. Tunggu saja sampai driver ter-update.
  • Adaptor Rusak
Cek adaptor charger laptop Anda, konektor ke adaptor ke laptop, dan kabel adaptor. Jika terjadi kerusakan pada adaptor charger, maka gantilah dengan yang baru di toko komputer terdekat.

  • Sudah Umurnya
Karena sudah berumur bertahun-tahun, tentu kualitas sudah menurun dan saatnya harus diganti dengan yang baru. Puncaknya adalah ketika baterai sudah tidak bisa diisi dan icon baterai bertanda silang warna merah dan berstatus Plugged in, not charging ketika dicas.

Demikianlah penyebab dan cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi, semoga bermanfaat.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.