11 May 2017

Inilah 10 Cara Back-Up Data Penting di Laptop Anda

Dalam istilah komputer, back-up data adalah membuat salinan data dari data asli yang disimpan di tempat lain sehingga data salinan tersebut bisa digunakan ketika terjadi masalah hilang atau rusak.

Back-up data merupakan sesuatu hal yang sangat penting dilakukan jika Anda memiliki data yang penting.

Cara mem-back-up data penting bisa dilakukan dengan mudah, namun sedikit menyita waktu Anda dan banyak kemungkinan Anda lupa melakukannya.

Seorang mahasiswa punya data penting, yaitu contohnya skripsi. Tentu mereka tidak rela jika file skripsi mereka hilang atau rusak.

Staf kantor juga memiliki dokumen penting. Guru pun juga. Tentu Anda pun punya.

Data penting tersebut tidak hanya dokumen, terkadang juga dalam bentuk video, foto, dan mp3.

Apalagi data tersebut adalah database perusahaan. Sebuah perusahaan besar yang menggunakan sistem database tentu wajib memiliki admin database yang salah satu tugasnya adalah melakukan back-up database secara rutin.

Mr Gaptek kali ini punya tips jitu untuk mem-back-up data penting Anda baik secara offline maupun online, yang mudah-mudahan bisa Anda terapkan dengan mudah.

Back-up Data Penting di Google Drive

Google Drive adalah salah satu penyedia layanan penyimpanan data secara online milik Google. Dengan Google Drive, Anda bisa menyimpan file-file penting Anda dengan aman dan bisa Anda buka dimanapun, tentu membutuhkan koneksi internet untuk melakukan untuk melakukan upload dan download.

Untuk mendapatkan Google Drive, Anda cukup mendaftar akun Google atau kita kenal akun GMail. Jika Anda sudah punya akun GMail, otomatis Anda mendapatkan fasilitas Google Drive sebesar 15 GB.

Ada juga fitur autosync sehingga Anda bisa melakukan back-up otomatis ke Google Drive dari komputer Anda.

Back-up Data Penting di Google Drive

Kunjungi https://drive.google.com

Back-up Data Penting di Onedrive

Sama seperti Google Drive, dulu bernama Skydrive, Onedrive adalah milik Microsoft, Anda bisa memperoleh Onedrive jika Anda telah mendaftar akun Microsoft. Anda bisa menyimpan dokumen-dokumen Anda dengan mudah dan bahkan tersedia layanan Microsoft Office secara online sehingga Anda bisa mengubah file Anda dengan Microsoft Office tersebut.

Kapasitas sebesar 5 GB.

Back-up Data Penting di Onedrive

 Kunjungi http://onedrive.com

Back-up Data Penting di Dropbox

Anda cukup mendaftar ke dropbox dan Anda akan mendapatkan kapasitas untuk menyimpan file-file penting Anda. Dropbox pada umumnya digunakan untuk saling share data. Data disimpan di Dropbox kemudian data tersebut diberikan izin untuk publik, sehingga publik bisa mengunduh file tersebut.

Cara back-up data penting di layanan online masih banyak lagi caranya, seperti: menyewa layanan hosting untuk penyimpanan data, mendaftar di Box.com, dan situs-situs file sharing (4shared, mediafire, indowebster, dan lain-lain).

Back-up Data Penting di Dropbox

 Untuk mendaftar ke Dropbox, kunjungi https://dropbox.com

Back-up Data Penting di Hard Disk Eksternal

Harddisk eksternal diciptakan tujuan utamanya adalah untuk mem-backup data dari komputer Anda. Hard Disk eksternal memiliki kapasitas yang sangat besar bila dibandingkan dengan Flash drive atau USB. Flash drive tujuan utamanya adalah untuk penyimpanan data sementara dan untuk pemindahan data.

Hard Disk ini menurut Mr Gaptek, Anda gunakan jika data penting di komputer ukurannya sudah sangat besar.

Bahkan saat ini sudah ada hard disk eksternal yang sudah memiliki fitur autobackup. File di komputer akan langsung ter-back-up ke hard disk eksternal sesuai dengan pengaturan Anda.

Back-up Data Penting di CD/DVD

CD pada umumnya memiliki kapasitas 700 MB dan DVD sebesar 4.7 GB. Back-up lah data penting Anda dengan media penyimpanan yang murah ini. Anda bisa simpan di lemari Anda, dan bisa Anda buka kembali jika Anda butuhkan. Keunggulannya adalah data back-up tidak bisa diserang virus, namun Anda sudah tidak bisa merubah isi di dalam CD/DVD.

CD/DVD ini biasanya digunakan untuk mem-back-up data yang benar-benar sudah final dan tidak akan dilakukan perubahan lagi.

Back-up Data Penting di Komputer Lain

Cara ini juga bisa Anda lakukan. Ketika komputer Anda bermasalah, Anda masih punya file di komputer lain yang masih bisa Anda gunakan.

Back-up data di komputer lain ini bisa memanfaatkan USB atau menggunakan file sharing.


Back-up Data Penting di Menjadi Beberapa Versi

Back-up ini sebenarnya yang biasa saya lakukan ketika menulis skripsi. Karena skripsi dibuat secara bertahap dan sering kali mengalami perubahan, maka dokumen skripsi di back-up dalam beberapa versi. Contoh: skripsi_0.1.docx, skripsi_0.2.docx, skripsi_0.3.docx, skripsi_0.4.docx, dan skripsi 1.0 (final).docx. Dengan membuat versi seperti ini memudahkan kita untuk mengambil ulang dari versi yang lama jika dibutuhkan.

Back-up Data Penting di USB

Menggandakan file penting ke dalam USB, sehingga jika terjadi masalah dengan laptop di USB sudah ada file penting tersebut.

Cara ini kita lakukan setelah kita selesai melakukan perubahan pada sebuah file atau dokumen. Setelah selesai melakukan perubahan, file langsung kita buatkan salinannya di dalam USB.

Back-up Data Penting di Email

Jika Anda punya email lebih dari satu, Anda bisa mengirimkan file penting tersebut ke email Anda yang lainnya, sehingga file tersebut tersimpan di dalam email dan bisa Anda cek di manapun via internet.

Jika Anda hanya punya satu email, kirimkan saja ke teman akrab Anda, dan beritahu "numpang back-up". Hehe...

Back-Up Data Penting di Ponsel

Ponsel yang memiliki memori internal maupun eksternal lebih bisa kita manfaatkan untuk back-up data penting kita. Sama halnya Anda menggunakan USB, ponsel di sini berperan sebagai penyimpanan data penting kita juga.

Bahkan ponsel-ponsel pintar atau smartphone saat ini terkadang sudah memiliki fitur back-up ke media penyimpanan online atau lebih tepatnya disebut cloud.


Nah, sekarang Anda bisa lakukan back-up data penting dengan banyak pilihan cara di atas, dan sebaiknya Anda lakukan lebih dari satu cara di atas.

Semoga bermanfaat.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.