23 May 2017

Belajar Web Programming, Bingung Mau Mulai dari Mana? Coba Mulai dari Sini!

Belajar Web Programming, Bingung Mau Mulai dari Mana? Coba Mulai dari Sini!
Perkembangan teknologi informasi dan jaringan komputer saat ini telah melahirkan banyak bidang ilmu yang  bisa kita pelajari, seperti web programming atau pemrograman web. Web programming saat ini sangat populer, apalagi ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi seperti Internet. Di dalam internet sebagian besar adalah berisi web. Atau sering kita sebut sebagai website yang menunjukkan bahwa banyak tempat atau alamat web yang bisa kita kunjungi via internet.

Web programming sebenarnya masih luas, kita harus membagi ke beberapa bidang supaya tidak terlalu luas. Dari nama nya mengandung kata "programming", yang ini berarti kita harus mempelajari pemrograman komputer yang mana di dalamnya terdapat "bahasa pemrograman". Dari bahasa pemrograman macamnya sudah banyak.

Web programming dibutuhkan jika kita ingin mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web atau ingin lebih ahli dalam melakukan perubahan struktur pemrograman atau menambahkan fitur pada website atau blog.


Mulai Belajar Web Programming

Untuk memulai belajar web programming yang wajib kita pelajari paling awal adalah sebagai berikut:
  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyusun sebuah halaman web yang menampilkan beberapa informasi ke dalam halaman web tersebut. HTML adalah paling dasar yang harus kita kuasai, karena HTML inilah yang akan sampai dan diterjemahkan menjadi halaman web di browser setiap pengguna internet yang membuka halaman web tersebut. Apapun bahasa pemrograman-nya, nantinya harus mengarah ke output HTML.

Belajar HTML
Kode HTML

Pelajari HTML di alamat berikut ini:

CSS (Cascading Style Sheet) adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur gaya tampilan pada halaman web agar terlihat lebih teratur dan indah. Sebenarnya ini adalah tugas web designer, namun kita sebagai web programmer juga harus mempelajarinya, karena kode-kode program yang kita buat juga lansung bersentuhan dengan kode CSS.

Belajar CSS
Hasil dari CSS
 Pelajari CSS di alamat berikut ini:

Javascript adalah kode bahasa script yang digunakan agar halaman web tersebut lebih interaktif. Javascript adalah yang bertugas sebagai pengolah data atau logika pemrograman. Sebenarnya dengan Javascript ini kita sudah mulai belajar pemrogramannya. Jika kita sudah pernah belajar bahasa pemrograman, tentu kita tidak sulit untuk mempelajari Javascript.

Belajar Javascript
Contoh kode Javascript


Pelajari Javascript di alamat berikut ini:
Setelah Anda menguasai ketiganya, atau minimal Anda menguasai HTML dan CSS terlebih dahulu, kita harus tahu bahwa web ada berbagai macam basis pemrograman yang paling banyak dipakai, yaitu:
  1. PHP
  2. .Net
Dan masih banyak lagi.

Di sini kita fokus saja ke 3 basis web programming di atas.

Yang pertama adalah web programming berbasis PHP. Yang harus kita kuasai dari awal adalah HTML, CSS, Javascript, PHP, dan Database.

Belajar Bahasa Pemrograman PHP
Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman web yang open source, kita bisa cari tutorialnya gratis di internet tanpa membeli buku. Atau jika Anda hobi baca buku, Anda bisa temukan buku tentang pemrograman dengan PHP di toko buku komputer.

Namun, kalau dari buku, selama ini sangat jarang buku yang menyajikan panduan yang lengkap. Tentu di internet-lah panduan yang paling lengkap untuk belajar PHP.

Berikut situs yang bisa Anda pelajari untuk belajar PHP:

.Net dibaca "dotnet", sebenarnya adalah sebuah framework. Lebih lanjut tentang framework nanti akan saya jelaskan lebih lanjut.

Di dalam .Net atau .Net Framework, terdapat bahasa pemrograman web yang biasa digunakan yaitu:
  1. C#.Net atau VB.Net
  2. ASP.NET

Nomor 1, adalah pilihan Anda pilih salah satu untuk dipelajari dan dikuasai, C#.Net atau VB.Net. Dengan asumsi Anda telah menguasai HTML, CSS, dan Javascript, kemudian kuasailah ASP.NET ditambah dengan Database.

Setelah itu Anda pelajari metode-metode pengembangannya melalui software yang digunakan yaitu Microsoft Visual Studio. Gratis untuk yang versi Express.

Untuk belajar mengenai .Net Framework, kunjungi alamat berikut ini:

Belajar Database

Selain belajar bahasa pemrogramannya, semestinya Anda juga menguasai database. Database yang paling banyak digunakan adalah:
  • MySQL
  • SQL Server
  • PostgreSQL
  • Oracle
Pelajari salah satu database di atas.
Jika Anda menggunakan PHP sebaiknya Anda pelajari MySQL. Untuk tingkat lanjut baru Anda pelajari yang lainnya.

Jika Anda menggunakan .Net Framework sebaiknya Anda pelajari SQL Server. SQL Server juga dibuat oleh Microsoft, sehingga sangat disupport untuk .Net Framework.

Belajar Framework

Framework juga Anda pelajari setelah Anda menguasai dasar-dasar pemrograman web di atas.

Jika Anda akan menggunakan PHP, maka pelajarilah framework-framework terkenal di bawah ini:
  • Yii Framework
  • CodeIgniter
  • Zend Framework

Jika Anda akan menggunakan ASP.NET maka sudah cukup framework yang disediakan di Microsoft Visual Studio. Selanjutnya mungkin Anda perlu mempelajari komponen. Komponen merupakan tambahan untuk mempercepat proses pemrograman Anda dan web yang Anda buat lebih kaya fitur.

Berikut komponen yang harus Anda pelajari:
  • Telerik
  • DevExpress
  • Infragistics

Belajar CMS

CMS (Content Management System) adalah sebuah aplikasi web yang mempermudah dalam pengelolaan konten web. Dengan CMS, Anda tidak perlu bingung mengenai web programming. CMS sudah didesain sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu melakukan programming dan Anda tinggal melakukan penginstalan dan pengisian konten pada web tersebut dengan CMS ini.

CMS dibuat oleh programmer web, menggunakan PHP atau ASP.NET.

Belajar CMS


Berikut CMS terkenal yang dibangun dengan PHP:
  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla
  • PrestaShop
  • phpBB
  • MyBB
Dan masih banyak lagi.

Tentu CMS dipilih sesuai dengan kebutuhan,apakah untuk blog, website profil perusahaan, profil sekolah, forum, atau jual-beli online.

Meskipun penggunaan CMS ini tidak membutuhkan pemrograman, namun terkadang pengetahuan HTML, CSS, PHP, Javascript, dan Database, tetap saja dibutuhkan jika sewaktu-sewaktu Anda harus beradapan dengan permasalahan teknis atau modifikasi template CMS.

Untuk Anda yang punya blog di WordPress versi hosting atau Blogger, tentu tetap membutuhkan pengetahuan web programming tersebut.



Demikianlah untuk mulai dalam belajar web programming.
Silahkan tentukan pilihan Anda.
Semoga bermanfaat.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.