12 April 2017

Inilah Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer yang Mestinya Anda Ketahui!

Perangkat jaringan komputer merupakan perangkat yang digunakan dalam sistem jaringan komputer. Jaringan bisa kita bagi dua, yaitu jaringan lokal (intranet) dan jaringan global (internet). Jaringan lokal contohnya adalah jaringan di kantor atau di sekolah melalui perangkat jaringan yang ada di kantor atau di sekolah, sedangkan jaringan global contohnya adalah jaringan internet yang bisa menjangkau seluruh dunia melalui perangkat-perangkat jaringan yang terhubung ke seluruh dunia.

Perangkat yang digunakan pada jaringan sangatlah banyak dan beragam dari segi jenis dan juga fungsiya. Mari kita simak lebih lanjut mengenai macam-macam dan juga fungsi-fungsi dari perangkat jaringan yang umum digunakan di jaringan lokal.

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer yang biasa dipakai di jaringan lokal adalah router, switch, ether cable (kabel ethernet atau kabel LAN), ethernet card, access point, modem, RJ45, crimping tool, dan LAN Tester.

Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Fungsi-Fungsi Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah sebagai berikut:
1. Router
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Mikrotik RouterBoard RB450 (clickbd.com)
Router berfungsi sebagai penghubung antara jaringan satu dengan jaringan lainnya. Router juga berfungsi untuk mengatur lalu-lintas yang ada di dalam jaringan tersebut. Router juga disebut sebagai jantungnya jaringan. Dengan adanya router, perangkat-perangkat komputer yang terhubung dalam jaringan bisa dengan mudah berkomunikasi atau terhubung antara perangkat lainnya baik dalam satu jaringan maupun ke jaringan lainnya.

2. Switch
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Switch TP-Link (tplink.com)
Switch berfungsi menghubungkan komputer-komputer ke dalam sebuah jaringan. Komputer desktop biasanya menggunakan kabel untuk terhubung ke jaringan. Kabe tersebut dihubungkan ke sebuah switch. Begitu juga dengan komputer lainnya, sehingga banyak komputer bisa terhubung bersamaan dengan kabel dan switch tersebut.

3. Ethernet Cable (Kabel LAN)
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Ethernet Cable (support.itel.com)
Ethernet Cable adalah kabel penghubung yang menghubungkan komputer dengan switch atau dari perangkat jaringan satu ke perangkat jaringan lainnya.

4. Ethernet Card
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Ethernet Card/Network Adapter/Interface Network/LAN Card (intellinet-network.com)
Ethernet Card adalah sebuah port yang terdapat di sebuah komputer atau laptop yang digunakan untuk memasukkan konektor pada EthernetCable sehingga memungkinkan komputer atau laptop tersebut terhubung ke jaringan melalui EthernetCable.

5. Access Point
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Access Point (www.dlink.com.sg)

Access Point berfungsi sebagai pemancar sinyal radio frekuensi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk terhubung ke jaringan melalui radio frekuensi tersebut, atau biasa kita sebut sebagai sinyal Wireless Fidelity (WiFi).

6. Modem
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Modem CDMA/GSM (forum.whatthetech.com)
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Modem Telkom (stshw.cn)

Modem adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau sebuah jaringan lokal ke jaringan internet.

7. RJ45
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
RJ45 (alibaba.com)
RJ45 adalah konektor penghubung yang dipasang pada ethernet cable ata kabel LAN sehingga kabel bisa dihubungkan ke perangkat jaringan pada port ethernet card.

8. Peralatan Instalasi Jaringan
Untuk melakukan instalasi jaringan biasanya membutuhkan alat bernama Crimping Tool dan LAN Tester. Crimping Tool berfungsi sebagai alat untuk memotong dan mengupas ethernet cable atau kabel UTP, serta mengunci RJ45 pada kabel UTP. LAN Tester berfungsi sebagai alat untuk menguji hasil pemasang RJ45 pada kabel UTP.

Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
Crimping Tool (visiontech.do)
Fungsi-Fungsi Perangkat Jaringan Komputer
LAN Tester (aliexpress.com)


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.