11 April 2017

Apa itu Sistem Operasi?

Setiap komputer yang kita miliki sudah terpasang (ter-install) sistem operasi, bahkan perangkat-perangkat telekomunikasi saat ini, seperti smartphone, sudah menggunakan sistem operasi. Tanpa sistem operasi perangkat-perangkat tersebut hanyalah sebuah mesin biasa tanpa bisa digunakan. Mari kita simak lebih lanjut mengenai sistem operasi.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (operating system) adalah perangkat lunak (software) komputer yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (hardware) komputer dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi untuk mempermudah kegiatan manusia. Jadi jika komputer belum ter-install sistem operasi maka program aplikasi yang biasa digunakan oleh manusia tidak akan bisa digunakan juga, karena sistem operasi adalah perangkat lunak dasar yang harus ada sebelum di-install program aplikasi.

Apa itu Sistem Operasi?

Dari Wikipedia.org, secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Macam-Macam Sistem Operasi

Sistem operasi secara garis besar bisa dibagi menjadi 3 keluarga besar:
1.  Keluarga Sistem Operasi Microsoft Windows
Sistem operasi Microsoft Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Microsoft mengembangkan sistem operasi untuk versi desktop atau laptop dan untuk versi mobile. Macam-macam sistem operasi Microsoft Windows untuk komputer desktop dan laptop adalah Windows 1.0, Windows 3.0, Windows NT, Windows 95, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows Server 2003, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 dan masih banyak lagi. Sistem operasi ini termasuk sistem operasi komputer yang saat ini masih paling banyak digunakan di Indonesia.  Macam-macam sistem operasi Windows untuk versi mobile adalah Windows Mobile, Windows Phone 7, dan Windows Phone 8.

2. Keluarga Sistem Operasi Linux
Sistem operasi Linux mayoritas adalah sistem operasi yang opensource, setiap orang boleh menggunakan dan diperbolehkan untuk dikembangkan lebih lanjut tanpa harus membayar lisensi. Sistem operasi Linux pada umumnya digunakan untuk komputer-komputer server di kampus-kampus dan perusahaan-perusahaan besar. Macam-macam sistem operasi Linux untuk komputer desktop dan laptop adalah Debian, RedHat, Fedora, Mandriva, OpenSUSE, Ubuntu, CentOS, Slackware, FreeBSD, BlankOn, Sabily, BackTrack, Solaris, dan masih banyak lagi. Sistem operasi Linux untuk versi mobile yaitu Android, FirefoxOS, PalmOS, Ubuntu Mobile, dan lain-lain. Android merupakan sistem operasi yang saat ini merupakan sistem operasi paling banyak digunakan di dunia.

Baca juga Contoh Sistem Operasi Open Source.

3. Keluarga Sistem Operasi Mac OS
Sistem operasi Mac OS adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Inc. Sistem operasi Mac OS hanya digunakan untuk komputer Machintos atau komputer Mac. Sistem operasi ini paling banyak digunakan di Amerika Serikat. Sistem operasi keluarga Mac OS versi desktop/laptop adalah Mac OS X 10.0, Mac OS X 10.1, Mac OS X 10.2, dan seterusnya sampai tahun 2016 yaitu Mac OS X 10.12. Sistem operasi Mac OS versi mobile adalah iOS yang digunakan untuk perangkat iPhone, iPod, dan iPad.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi-fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Sistem operasi mengatur penggunaan perangkat keras pada komputer tersebut sehingga perangkat keras yang terpasang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya secara efisien.
  2. Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah digunakan oleh pengguna dan lebih menarik.
  3. Sistem operasi melakukan manajemen sumber daya yang digunakan oleh komputer, seperti manajemen memori, manajemen file, manajemen proses, manajemen perangkat input-output, dan lain-lain.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.