01 March 2017

Cara Mellihat Spesifikasi VGA Laptop Windows 7, 8, 8.1 dan 10

VGA (Video Graphics Array) merupakan hardware pada sebuah komputer atau laptop yang berfungsi menangani tampilan video maupun gambar ke layar monitor. Pada umunya sebuah komputer atau laptop sudah memiliki VGA onboard bawaan dari motherboard-nya. Pengguna gamer atau multimedia biasanya memilih laptop yang memiliki VGA tambahan untuk keperluan rendering video, animasi, atau gambar yang lebih bagus. Untuk komputer rakitan, biasanya mereka membeli VGA tambahan untuk menambah kemampuan grafis dari komputer tersebut.

Memilih Laptop dengan VGA Tambahan

Laptop yang memiliki VGA tambahan pada umumnya adalah laptop-laptop yang berprosesor Intel dan VGA NVIDIA atau AMD Radeon. Jika laptop yang berprosesor AMD, VGA yang dipake adalah AMD Radeon. Dari fisik luar laptop yang memiliki VGA tambahan biasanya ada stiker merk VGA, yaitu NVDIA GeForce atau AMD Radeon. Dari spesifikasi singkat yang tertulis di website toko komputer atau di brosur, Anda juga bisa lihat langsung apakah ada VGA tambahan atau tidak.

Cara Melihat Spesifikasi VGA di Windows

Di sistem operasi Windows terdapat cara-cara untuk melihat spesifikasi VGA secara langsung. Cara pertama yaitu melalui DirectX Diagnostic Tool. Untuk membukanya, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan. Ketik "dxdiag", lalu tekan Enter atau klik OK.

Cara Melihat Spesifikasi VGA di Windows

Jendela DirectX Diagnostic Tool akan keluar. Untuk melihat VGA di DirectX Diagnostic Tool, klik tab Display dan selanjutnya tab Render.

Cara Melihat Spesifikasi VGA di Windows

Cara Melihat Spesifikasi VGA di Windows
 
Pada bagian tab Display biasanya adalah VGA onboard bawaan dari motherboard laptop tersebut. Di bagian Render adalah bagian VGA tambahan.

Jika tidak muncul tab Render biasanya VGA tambahan memang tidak bisa dilihat di DirectX Diagnostic Tool. Hal ini terjadi karena VGA tambahan sudah di-setting aktif jika menggunakan aplikasi grafis yang tinggi, contoh game atau aplikasi video editing ketika melakukan rendering.

Cara Melihat Spesifikasi VGA dengan CPU-Z

CPU-Z adalah software yang digunakan untuk melihat informasi spesifikasi komputer atau laptop secara lengkap. Software gratis ini bisa Anda peroleh di www.cpuid.com. Install CPU-Z, dan jalankan CPU-Z, klik di bagian Graphics, di sana akan ada nama dari VGA laptop. Jika ada 2 (dua) VGA, maka pada dropdown Display Device Selection akan ada 2 (dua) nama VGA. Contoh Intel(R) HD Graphics Family dan NVDIA GeForce 920M.

Cara Melihat Spesifikasi VGA dengan CPU-Z

Cara Melihat Spesifikasi VGA dengan CPU-Z

Dari CPU-Z kita bisa lihat jenis VGA yang terpasang di laptop tersebut. Aplikasi ini bisa Anda gunakan di sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Demikianlah cara melihat spesifikasi VGA laptop atau komputer. Semoga bisa menjadi referensi buat Anda. :)

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.