30 December 2016

Komputer Lambat? Coba Tips Berikut Supaya Komputer Lebih Cepat Kinerjanya!

Komputer Lambat? Coba Tips Berikut Supaya Komputer Lebih Cepat Kinerjanya!
Komputer lambat alias lemot tentu membuat Anda merasa tidak nyaman ketika bekerja menggunakan komputer. Pada awal mula kita membeli komputer atau laptop tujuannya adalah untuk mempermudah dan mempercepat perkerjaan kita. Tapi bagaimana kalau komputer tersebut malah lambat? Tentu pekerjaan kita akan ikut terhambat. Mr Gaptek akan sedikit berbagi tips mengenai mempercepat kinerja komputer yang sudah mulai lambat.

Cara Mengatasi Komputer Lambat Alias Lemot

Berikut ada 10 (sepuluh) cara yang mudah-mudahan bisa membuat komputer Anda kembali cepat kinerjanya:
  1. Bersihkan Laptop Anda dengan CCleaner
  2. Defrag Harddisk
  3. Hentikan Program yang Rakus Sumber Daya
  4. Tutup Aplikasi di System Tray
  5. Matikan Program yang Berjalan Startup
  6. Kurangi Animasi
  7. Bersihkan Komputer dari Virus
  8. Uninstall Program yang Tidak Penting
  9. Install Ulang Komputer
  10. Ganti Harddisk dengan SDD

Bersihkan Laptop Anda dengan CCleaner

Bersihkan Laptop Anda dengan CCleaner

Software ini biasanya digunakan untuk membersihkan file-file sampah atau file-file yang tidak terlalu berguna di dalam komputer Anda. Anda bisa membersihkannya dengan software CCleaner ini. CCleaner akan membersihkan file-file log yang disimpan, riwayat browsing, error registry, dan lain-lain. Setelah Anda bersihkan mudah-mudahan akan membuat komputer Anda lebih kencang dari sebelumnya.

CCleaner ini bisa Anda download di https://www.piriform.com/ccleaner

Defrag Harddisk

Software defrag akan melakukan optimasi terhadap harddisk komputer Anda. File-File yang tersimpan di dalam harddisk akan ditata dan memudahkan sistem operasi untuk membaca file-file tersebut secara lebih cepat.

Software yang bisa Anda gunakan adalah Microsoft Disk Optimizer yang sudah disediakan di Windows 8.

Defrag Harddisk

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah software Defraggler yang bisa Anda download di https://www.piriform.com/defraggler

Defrag Harddisk

Hentikan Program yang Rakus Sumber Daya

Sumber daya  di komputer Anda yang dipakai oleh program-program di komputer Anda diantaranya adalah CPU dan RAM. CPU dan RAM memiliki kapasitas yang terbatas. Untuk itu penggunaan program-program juga harus memperhatikan sumber daya yang ada. Jika Anda terlalu banyak membuka aplikasi dan sumber daya hampir habis terpakai, maka komputer Anda akan terasa lambat. Untuk tutuplah aplikasi yang tidak Anda gunakan. Atau Anda bisa cek dengan Task Manager untuk melihat proses yang berjalan, lalu Anda bisa menghentika paksa proses tersebut.
Proses adalah aplikasi atau program yang sedang dieksekusi atau dijalankan.
Hentikan Program yang Rakus Sumber Daya

Tutup Aplikasi di System Tray

Pada system tray akan terlihat aplikasi yang berjalan. Pada umumnya jalan di background. Anda bisa mematikan aplikasi tersebut melalui system tray. Klik kanan ikon aplikasi tersebut di system tray, lalu klik Exit.

Tutup Aplikasi di System Tray


Matikan Program yang Berjalan Startup

Ada beberapa aplikasi yang berjalan menumpang fitur startup di sistem operasi. Dengan menumpang di startup, maka aplikasi tersebut bisa berjalan otomatis ketika komputer dihidupkan. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan startup maka akan membuat komputer Anda semakin lambat. Matikan startup untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Anda bisa gunakan Task Manager untuk mematikannya:

Matikan Program yang Berjalan Startup

Atau Anda bisa gunakan CCleaner.

Matikan Program yang Berjalan Startup

Kurangi Animasi

Pada Sistem Operasi Windows menggunakan animasi-animasi ketika kita membuka jendela aplikasi. Animasi ini sebenarnya tidak terlalu berlebihan. Dengan mematikan animasi komputer Anda akan lebih cepat dibanding sebelumnya.

Kurangi Animasi

Bersihkan Komputer dari Virus

Komputer bervirus bisa membuat komputer tersebut semakin lambat. Rutinlah untuk melakukan scan virus dengan Antivirus yang ada di komputer Anda. Jika belum ada Antivirus, Anda bisa download Smadav di http://smadav.net/download ditambah dengan satu antvirus lain, seperti AVG Free, Avira, Avast, atau yang lainnya.

Uninstall Program yang Tidak Penting

Terlalu banyak program aplikasi yang terinstall di komputer Anda juga memungkinkan komputer Anda berjalan semakin lambat. Untuk itu Anda bisa uninstall program aplikasi tersebut.

Uninstall Program yang Tidak Penting

Install Ulang Komputer

Jika dengan cara-cara di atas sudah tidak ada perubahan, mungkin dengan install ulang sistem operasi adalah solusinya.

Ganti Harddisk dengan SDD

Harddisk SSD dipercaya mempunyai kemampuan yang luar biasa dibanding harddisk biasa (SATA). Loading yang biasanya membutuhkan waktu 1 menit lebih, dengan harddisk SSD, loading hanya dengan beberapa detik atau jauh lebih cepat dari komputer yang meggunakan harddisk SATA. Namun harganya masih mahal.


Jika cara-cara di atas masih tidak memberi solusi, mungkin komputer Anda memang sudah berumur atau memang sudah saatnya ada hardware yang harus diganti atau bahkan beli baru. Anda bisa hubungi teknisi komputer terdekat atau ke tempat servis komputer.

Sekian tips dari Mr Gaptek tentang mengatasi komputer lambat atau mengatasi komputer lemot, mudah-mudahan memberi solusi kepada Anda untuk membuat komputer Anda lebih cepat dari sebelumnya.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.