21 December 2016

Hati-Hati Halaman Login Facebook Palsu, Modus Pencurian Password Facebook

Modus pencurian Facebook yang pernah Mr Gaptek dengar kali ini memang masih populer sampai saat ini. Karena cara ini terbilang ampuh untuk mencuri password (kata sandi) pengguna baru di Facebook. Teknik ini dinamakan phising atau fake login Facebook. Untuk itu, para pengguna Facebook harap berhati-hati dengan link yang diberikan dari teman atau sumber yang tidak jelas. Mr Gaptek akan memberikan tips-tips agar kita tidak mudah tertipu dengan teknik pencurian password semacam itu.

Ini yang asli:

Hati-Hati Halaman Login Facebook Palsu, Modus Pencurian Password Facebook

Halaman Login Facebook yang Asli

Anda harus betul-betul melihat URL di bagian atas browser ketika akan melakukan login Facebook. Pastika URL yang kita buka untuk login Facebook adalah dari www.facebook.com seperti di bawah ini:

Hati-Hati Halaman Login Facebook Palsu, Modus Pencurian Password Facebook

URL login Facebook dari gambar di atas adalah https://www.facebook.com, penggunaan https di atas berarti Anda menggunakan saluran yang lebih aman dibandingkan dengan http.

Hati-hati dengan link yang Anda buka tiba-tiba meminta Anda untuk login Facebook. Anda harus lihat bagian URL apakah dari facebook.com atau bukan. Biasanya untuk pengguna awam, tidak terlalu memperhatikan bagian URL.

Untuk itu Mr Gaptek harap, pembaca mulai berhati-hati supaya password facebook Anda atau akun sosial media lainnya tidak jatuh ke tangan orang lain.

Solusi Jika Tertipu Login Facebook Palsu

Ketika Anda mengetikkan username dan password, kemudian klik Masuk atau Login di halaman login Facebook palsu, maka username dan password anda akan masuk ke database pemilik halaman login Facebook palsu tersebut.

Solusi jika Anda ternyata tertipu telah login di halaman login Facebook palsu adalah sesegera mungkin mengganti password dengan yang baru. Sesegera mungkin sebelum mereka mengambil alih Facebook Anda. Jika Anda berhasil mengganti password sebelum mereka mengambil alih, maka mereka tidak akan bisa mengambil alih Facebook Anda.

Jagalah Facebook Anda tetap aman dengan tidak membuka sembarangan link-link yang tidak jelas sumbernya supaya Anda tidak tertipu. Baik link dari kiriman teman melalui Chat, Komentar, atau Dinding Profil.

Semoga bermanfaat. :)


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.