04 December 2016

Berlangganan Internet untuk Sekolah, Kantor, atau Rumah di Lampung

Internet saat ini semakin menjadi kebutuhan kita. Terlebih lagi internet telah memberikan kemudahan dalam berkomunikasi maupun dalam berbisnis. Salah satunya di Lampung, layanan internet telah berkembang pesat. Internet Service Provider (ISP) saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan di wilayah Lampung.

Daftar Internet Service Provider (ISP) di Lampung

Internet Service Provider yang ada di Lampung saat ini adalah:
  • Telkom IndiHome
  • Nusanet
  • Astinet
  • TSCN atau Palapamedia
  • Lainnya masih banyak.
Diketahui beberapa sekolah di wilayah Natar Lampung Selatan menggunakan Telkom Indihome, Palapamedia dan juga Nusanet.

Biaya Berlanggan Internet Perbulan

Jika Anda ingin mengandalkan internet cepat dan murah, Anda bisa mengandalkan Telkom Indihome jika wilayah Anda terdapat jaringan Fiber Optik. Berikut daftar harga paket:

Daftar Harga Telkom Indihome di Lampung Paket Deluxe


Daftar Harga Telkom Indihome di Lampung Paket Premium
Sumber: http://indihomelampung.xyz

Jaringan Fiber Optik Telkom di Lampung sudah memasuki wilayah Bandar Lampung, Natar, Kalianda, Metro, Pesawaran, dan kota-kota lainnya.

Kecepatan bandwidth download internet yang ditawarkan oleh Telkom memang besar, tetapi kecepatan tersebut bisa saja turun ketika jam-jam sibuk dan kurang stabil. Yang dipakai Indihome adalah internet share dan kita hanya diberikan IP dinamis.

Pilihan lainnya bisa juga menggunakan Nusanet yang juga ada jalur Fiber Optik tetapi kemungkinan besar hanya bisa melayani wilayah Bandar Lampung.

Jika sekolah atau rumah Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil maka berlangganlah internet dedicated. Indihome tidak menyediakan layanan internet dedicated. ISP yang memberikan layanan Internet Dedicated di Lampung adalah:
Untuk harga internet dedicated lumayan cukup mahal. Untuk saat ini, 1 Mbps harganya kisaran 1-2.5 juta rupiah. Harga internet dedicated Astinet menurut informasi dari teknisi Telkom harga di Lampung dimulai dari sekitar 1 juta rupiah untuk 1 Mbps dengan internet stabil dan pelayanan atau penanganan lebih cepat jika ada masalah.

Berlanggan Internet untuk Wilayah yang tidak Tercakup Fiber Optik atau kabel Telkom

Jika di tempat sekolah atau rumah Anda tidak terjangkau jaringan Fiber Optik, Anda masih bisa berlanggan menggunakan layanan broadband wireless dengan biaya pemasangan yang lumayan besar. Biaya besarnya adalah karena biasanya perlu pemasangan tower tinggi untuk pemasangan antena wireless, namun tergantung posisi atau dataran di tempat Anda berada.

Biaya bulanan untuk wireless broandband biasanya lebih tinggi dibanding dengan biaya bulanan internet dari Fiber Optik.

Kebutuhan Bandwidth

Kebutuhan bandwidth juga perlu Anda hitung sesuai dengan yang Anda butuhkan di sekolah, kantor, atau rumah Anda. Berikut sedikit paparan mengenai kebutuhan bandwidth:

Jika diasumsikan 1 (satu) pengguna internet di sekolah membutuhkan 500 kbps sampai dengan 1 Mbps. Maka:
Bandwidth 10 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 10 - 20 pengguna
Bandwidth 20 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 20 - 40 pengguna
Bandwidth 30 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 30 - 60 pengguna
Bandwidth 40 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 40 - 80 pengguna
Bandwidth 50 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 50 - 100 pengguna
Bandwidth 100 Mbps dari Indihome mampu digunakan untuk 100 - 200 pengguna

Silahkan hitung sendiri kebutuhan internet Anda.

Jika menggunakan internet dedicated 1 Mbps saja insyaAllah sudah bisa melayani 10 pengguna dengan lancar. Bahkan pernah bisa melayani sampai 20 pengguna meskipun sudah terasa sangat lambat.

Di wilayah Natar juga ada menyediakan layanan internet RT/RW menggunakan Indihome 10 Mbps dengan sasaran pelanggan 10 pengguna. Sampai saat ini masih berjalan lancar.

Sekian pendapat dari Mr Gaptek. Kalau ada salah ya tidak apa-apa, namanya juga pendapat. Pendapat yang Mr Gaptek tulis di sini adalah dari hasil pengamatan dari sekolah dan rumah yang menggunakan layanan internet.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.