11 April 2016

Menyusun Strategi dan Membangun Profesi

Setelah sekian lama duduk dibangku perkuliahan dan kini beranjak masuk dalam dunia baru yang penuh dengan persaingan ketat dalam negri maupun luar negri, tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun profesi diri.

Dunia kerja bukanlah dunia misteri yang sangat menyeramkan, bukan juga dunia dengan atmosfer yang sangat panas, namun dunia kerja adalah dunia yang majemuk yang suah didefinisikan karena bergantung pada penyikapan diri seseorang.

Semasa kuliah tentunya kita telah mengenal banyak organisasi-organisasi mahasiswa. Organisasi tersebut memiliki visi dan misi masing-masing dan memiliki karakter dan budaya masing-masing. Dalam dunia kerja, ada namanya Perusahaan yang merupakan sebuah organisasi yang memiliki visi dan misi masing-masing pula, maka tidak terjadi perbedaan yang begitu signifikan antara dunia kerja dan dunia perkuliahan.

Ada beberapa setrategi yang perlu disusun sebelum kita bener-bener terjun ke dunia kerja ini agar profesi kita cepat melesat jauh, antara lain:

  1. Kuasai materi atau ilmu yang dibidanginya. Dengan memiliki keahlian bahkan bisa dibuktikan dengan sertifikat training akan menambah nilai profesi kita.
  2. Belajar berkomunikasi dan berinterasi. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik maka kita bisa menjelaskan kemampuan diri kita secara tepat dan bisa mempengaruhi secara persuasif terhadap perusahaan sehingga bisa memberikan kepercayaan pada kita.
  3. Selalu bersikap jujur dan apa adanya. Dengan apa yang kita miliki, kemampuan dan keahlian kita maka harus dibuktikan dengan tindakan sesuai dengan apa yang telah kita ungkapkan. Karena sedikit saja kita tidak jujur maka itu akan menjadi bara api yang siap melahap tangga profesi kita.
  4. Pantang menyerah dan selalu berusaha. Ini hal yang mudah diungkapkan namun berat pelaksanaannya, karena setiap profesi macam-macam tantangannya. Namun jika kita menyerah ketika menginjakkan kaki di jalan yang sudah dipilih maka kita tak akan pernah maju dan selalu akan terhenti ketika terjadi sebuah masalah. Ini adalah ujian yang dapat meningkatkan grade kita dalam dunia kerja.
  5. Yakin akan adanya pertolongan. Dengan keyakinan yang tinggi disertai usaha yang tanpa menyerah maka akan ada jalan keluar yang membuahkan hasil yang indah. Jalan keluar ini tak selalu realistis, namun terkadang sesuatu yang tidak realistis saja bisa terjadi.
  6. Doa restu orang tua. Segala tindakan, langkah yang kita ambil jika semuanya disertai dengan doanya orang tua kita maka akan mendatangkan buah yang manis dalam usaha yang kita jalani.
Simpel, klise dan biasa saja, itulah kunci yang biasa kita lihat sehari-hari, namun jika kita coba dan laksanakan maka sesuatu yang biasa itu akan menghasilkan cerita yang luar biasa dan mungkin tidak akan terlupakaan sampai kakek-nenek.

Selamat mencoba dan semoga sukses.........


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.