10 December 2015

Mengatasi Smartphone Android yang Sudah Mulai Lambat

Smartphone Android merupakan smartphone yang saat ini cepat meluas di masyarakat Indonesia. Smartphone Android memiliki fitur-fitur canggih dan beragam aplikasi yang bisa diperoleh gratis maupun berbayar. Andoid sama halnya seperti komputer yang kita gunakan saat ini, memiliki banyak aplikasi, dan tentu membutuhkan sumber daya dari perangkat agar Android bisa berjalan lancar. Mr Gaptek di sini akan sedikit berbagi megenai cara mengatasi smartphone Android yang sudah mulai lambat.
Terkait sumber daya yang digunakan oleh Android di smartphone, hal ini menjadi sangat penting. Dengan sumber daya yang besar maka Android akan berjalan lancar tanpa hambatan. Sumber daya tersebut adalah memori (RAM), Prosesor, GPU, Memori Internal, dan sumber daya lainnya.

Banyak pengguna smartphone Android yang merasakan smartphone-nya makin terasa lambat. Padahal dulu ketika awal-awal dipakai masih kencang dan sangat nyaman dipakai.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, kenapa kok smartphone Android Anda semakin lama semakin terasa lambat. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar smartphone Anda tidak lambat lagi versi Mr Gaptek:

1. Memori Internal Kepenuhan
Penyebab pertama yang diangkat disini adalah memori internal smartphone android Anda yang sudah mulai sesak dengan data-data gambar, mp3, video, data aplikasi, dan data lainnya. Ketika smartphone Android Anda sudah mulai kepenuhan maka kinerja smartphone Android Anda akan menjadi kurang maksimal dan bahkan ada fungsi-fungsi sistem yang tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Solusi:
  • Pindahkan file-file gambar atau foto, mp3 dan juga Video ke memori eksternal (SD Card), atau lebih baik lagi pindahkan file-file tersebut ke komputer Anda, sebagai backup.
  • Bersihkan file-file cache yang biasanya tersimpan ketika Anda menjalankan aplikasi seperti browser (Chrome). Cara membersihkannya: gunakan aplikasi seperti Cleaner.
2. Lama Tidak di-Shutdown
Smartphone Android yang sudah lama tidak di shutdown atau dimatikan terkadang menjadi penyebab smartphone Android Anda menjadi lambat. Kita harus tahu bahwa setiap kita membuka aplikasi, setiap aplikasi yang dijalankan tersebut sebenarnya memakai memori (RAM). Aplikasi-aplikasi tersebut masih memakai memori, sehingga semakin banyak aplikasi yang dibuka maka memori semakin sempit.

Solusi:
  • Bersihkan memori dari aplikasi-aplikasi tersebut. Caranya Tekan dan tahan menu home di smartphone Android Anda, lalu sentuh Clear All atau tutup aplikasi yang tidak perlu.
  • Restart atau hidupkan ulang smartphone Anda.
Mengatasi Smartphone Android yang Sudah Mulai Lambat

3. Perlu dilakukan Factory Reset
Smartphone Android yang sudah mulai sangat lambat setelah dipakai bertahun-tahun mungkin sudah saatnya Anda lakukan Factory Reset. Ketika dilakukan solusi di nomor 1 mungkin kurang berhasil, maka saatnya Anda lakukan Factory Reset. Dengan Factory Reset ini maka smarphone Anda akan kembali ke settingan awal atau settingan pabrik sama seperti Anda beli baru smartphone tersebut.

Solusi:
  • Lakukan Factory Reset.
Cara Factory Reset di LG L90:
Buka menu Settings.

Mengatasi Smartphone Android yang Sudah Mulai Lambat

Di menu General. Sentuh Backup & Reset.
Selanjutnya sentuh Factory Data Reset.

Mengatasi Smartphone Android yang Sudah Mulai Lambat

Kemudian terakhir pilih Reset Phone.

Mengatasi Smartphone Android yang Sudah Mulai Lambat

Pastikan Anda sudah mem-backup data Anda di komputer sebelum Anda melakukan Reset Phone.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Ter-install
Aplikasi yang terlalu banyak ter-install di smartphone Android Anda juga bisa menimbulkan smartphone Anda makin lambat. Anda juga harus tahu bahwa banyak aplikasi yang umumnya menjalankan proses di belakang layar (background process) yang tidak disadari maupun yang disadari oleh pengguna. Meskipun tidak dibuka secara langsung tetapi aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Tentu jika banyak aplikasi yang terinstall adalah yang seperti itu maka tentu berpengaruh di kinerja smartphone Anda.

Solusi:
Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu Anda butuhkan

 5. Terinfeksi Virus
Infeksi virus, malware, adware, atau semacamnya bisa juga menimbulkan smartphone Anda semakin lambat. Hati-hatilah dengan iklan yang muncul di aplikasi ataupun ketika Anda sedang browsing. Jangan sembarangan sentuh iklan-iklan di halaman web atau di aplikasi dan juga jangan sembarangan meng-install aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

Solusi:
  • Install Antivirus untuk Android
  • Install-lah aplikasi dari pasar aplikasi yang terpercaya, seperti Google Play.  
6. Kinerja Hardware Smartphone Melemah
Hardware smartphone yang sudah mulai melemah kinerjanya juga perlu Anda cermati. Cermatilah penyebab-penyebab hardware semakin lemah kinerjanya. Biasanya penyebabnya tergantung dari pemakaian. Pemakaian yang intens yang berjam-jam, sampai terasa panas juga perlu Anda perhatikan. Hal ini kemungkinan bisa menyebabkan pelemahan terhadap hardware smartphone Anda.

Solusi:
  • Pakailah smartphone seperlunya dan sewajarnya
  • Jangan menunggu sampai terasa sangat panas, lalu berhenti bermain game atau berinternet

Demikianlah tips dari Mr Gaptek. Semoga memberi solusi untuk Anda.
Silahkan dicoba!

Kata kunci:
android lambat, mengatasi android lambat, android lemot, mengatasi android lemot, android lelet, mengatasi android lelet, cara mengatasi android lemot, cara memperbaiki android yang lemot, cara mengatasi smartphone lemot, cara mengatasi android yg lemot, cara mengatasi lemot pada android


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.