12 December 2015

Lindungi Blog dari Pencurian Konten!

Hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger adalah tentang masalah pencurian konten dari blognya. Pencurian konten tentu sangat disayangkan. Pencurian konten biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin cepat memperoleh konten atau isi blognya dengan cepat dengan suatu tools tertentu.

Pencurian konten ini pernah Mr Gaptek alami. Tulisan yang pernah Mr Gaptek tulis di blog selain ini ternyata masuk ke blog di tempat lain dengan konten yang persis dan sepertinya sudah secara otomatis.

Untuk menghindari pencurian konten ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger.

Pengaturan Feed

Pencurian konten biasanya melibatkan Feed atau RSS dari sebuah blog. Mereka cukup menggunakan Feed blog Anda, dan selanjutnya konten dari blog Anda bisa dengan mudah disalin. Untuk itu Anda perlu mengatur Feed blog Anda. Buatlah konten di Feed blog Anda hanya menampilkan sebagian kecil konten, jangan menampilkan keseluruhan konten.

Mr Gaptek mencontohkan untuk blog Blogger / Blogspot. Untuk Blogger aturlah feed situs blog Anda. Jangan biarkan feed situs Anda memberikan konten Full (penuh), tetapi aturlah menjadi Sort (pendek) atau Until Jump Break (sampai jump break).

Mr Gaptek mengatur Feed blog menjadi Until Jump Break, karena Mr Gaptek biasa menggunakan Jump Break ketika memposting tulisan. Jika jarang-jarang menggunakan jump break, maka pilihlah Sort saja,

Lindungi Blog dari Pencurian Konten!

Berikut hasilnya:

Lindungi Blog dari Pencurian Konten!

Memasang Script untuk Memblokir Klik Kanan

Cara yang biasa juga dilakukan oleh para blogger untuk melindungi tulisannya dari tindakan plagiat atau pencurian konten adalah dengan memasang script yang membuat pembaca tidak bisa menggunakan klik kanan dengan mouse-nya. Script  ini dipasang di blog agar orang lain tidak bisa mengkopi konten di blog Anda.

Script ini bisa Anda temukan di blog lain.

Silahkan dicoba untuk melindungi konten blog Anda.


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.