23 November 2015

Kenapa Ada Larangan Main HP di SPBU?

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa ada gambar larangan mengoperasikan HP di SPBU. Larangan tersebut bukan berarti tanpa alasan. Akan ada kejadian besar yang bisa menimbulkan korban jiwa jika hal buruk terjadi ketika ada yang mengoperasikan HP dalam keadaan tertentu. Mr Gaptek menemukan artikel menarik di linesindonesia.com yang akan Mr Gaptek bagi di sini untuk Anda.


Kenapa Ada Larangan Main HP di SPBU?
via linesindonesia.com oleh www.sayangi.com

HP atau ponsel Anda di SPBU bukan hanya menimbulkan percikan api namun juga bisa menjadi kebakaran hebat. Bagaimana prosesnya?

Satu unit ponsel dapat mengeluarkan frekuensi yang cukup tinggi. Setiap ponsel juga mengeluarkan bunga api berukuran satu mikron, atau setara dengan seperseratus milimeter.

Percikan ini kerap keluar dari ponsel melalui antena koil akibat perbedaan yang cukup tinggi. Tak hanya sekedar itu saja, Light Emitting Diode atau sering disingkat LED pada ponsel berbeda dengan LED pada umumnya. LED pada ponsel dipasang telanjang sehingga bersentuhan dengan udara bebas. Hanya saja, LED tersebut terhubung dengan tabung dari plastik sehingga filamennya terlindungi.

Oleh karena itu, ketika ponsel dinyalakan akan menimbulkan pijar, pijar tersebutlah yang akan menjadi percikan api dari koil tersebut. Percikan api tersebut memang tidaklah besar dan tidak mampu menyulut uap bensin dalam udara terbuka dan bebas.

Namun beda halnya jika udara yang ada di sekitarnya sudah jenuh sekali dengan uap bensin. Percikan api yang sangat kecil tersebut bisa menyebabkan ledakan yang dahsyat dan yang pasti akan memakan korban banyak.

Sebaiknya ketika Anda di SPBU, simpan HP atau ponsel Anda terlebih dahulu di saku atau di dalam tas Anda.

Begitulah alasannya. Sebaiknya marilah kita berhati-hati dalam menggunakan HP di area SPBU.


Referensi:
  • Jangan Lagi Bermain Ponsel di SPBU! http://www.linesindonesia.com/read/2015/11/23/2239/jangan-lagi-bermain-ponsel-di-spbu/ [Diakses pada Tanggal 23-11-2015]

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.