05 November 2015

Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows Explorer

Mr Gaptek kali ini ingin berbagi cara menyembunyikan folder dan file di Windows Explorer untuk sistem operasi Windows. Mungkin Anda punya alasan kenapa harus menyembunyikan folder atau file tertentu. Mungkin saja masalah privasi yang tidak ingin orang lain mengetahui isi folder tersebut. Tentu cara menyembunyikan folder sangatlah mudah dilakukan.

Untuk menyembunyikan folder, cara yang biasa dilakukan adalah dengan mengubah atribut hidden dari folder tersebut. Untuk mengubah atribut hidden ini bisa dilakukan melalui jendela properties. Perhatikan langkah-langkah berikut:
1. Buka Windows Explorer
2. Pilih folder yang akan Anda sembunyikan.
3. Klik kanan folder tersebut dan pilih Properties.

Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows Explorer

4. Pada bagian Attributes, centanglah Hidden.

Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows Explorer

Klik OK.

5. Selanjutnya akan muncul jendela Confirm Atrribute Changes. Klik Apply changes to this folder only jika yang disembunyikan hanya folder-nya saja, di dalamnya tidak. Jika yang disembunyikan adakah folder dan semua file dan folder yang ada di dalamnya maka klik Apply changes to this folder, subfolders and files.

Cara Menyembunyikan Folder dan File di Windows Explorer

Klik Ok.

6. Selesai. Sekarang folder tersebut akan berwarna redup dan selanjutnya akan hilang tersembunyi dari Windows Explorer Anda.

Untuk cara menyembunyikan file dengan Windows Explorer, caranya sama persis dengan cara menyembunyikan folder. Lakukan langkah-langkah di atas terhadap file yang akan Anda sembunyikan.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.