11 May 2011

Memindahkan Google Sites ke Google Sites Lainnya (Export-Import Google Sites)

Google Sites memungkinkan kita untuk membuat halam wesite atau blog personal kepunyaan kita sendiri. Bagi Anda yang membeli domain baru (ex: example.com) bisa mendaftarkan ke Google Apps (http://www.google.com/a/). Kemudian di Google Apps Anda membuat email dengan service dari Google dan bisa juga membuat website di Google Sites (ex: http://sites.google.com/a/example.com/webanda).

Nah sekarang, mungkin Anda berpikir untuk mengganti URL Google Site yang Anda punya tadi, karena Anda berpikiran bahwa http://sites.google.com/a/example.com/webanda terlalu panjang. Tentunya Anda bisa mengubahnya di https://www.google.com/a/cpanel/example.com/ServiceSettings, lalu ke menu site dan mengubahnya dengan domain Anda ini (www.example.com) yang sebelumnya Anda telah mengatur CNAME domain Anda.

Selanjutnya, ada beberapa kasus ingin memindah sebuah web yang sudah kita buat di Google Sites ke web di Google Site yang lain. Mungkin hal ini terjadi karena Anda telah membeli domain baru (ex: domain.com) dan ingin mengganti alamat Google Sites Anda dengan www.domain.com. Ada beberapa solusi yang bisa Anda temukan di sini http://www.google.com/support/a/bin/answer.py?answer=54819. Di situ Anda diberi pilihan untuk melakukan export-import dari web lama ke web baru atau menjadikan domain.com sebagai alias untuk account example.com.

Tentunya cara gampangnya menggunakan opsi sebagai domain alias. Namun jika Anda terlanjur telah mendaftarkan domain.com di Google Apps berarti Anda harus memilih opsi export-import Google Sites yang akan saya jelaskan di postingan ini. Jika Anda tetap ingin memilih opsi domain alias berarti Anda harus menghapus akun Google Apps untuk domain.com. Namun diperkirakan Google akan melakukan penghapusan sekitar 5 hari. 

Download aplikasi untuk melakukan export-import Google Sites di sini. Double klik file jar yang sudah didownload, lalu lakukan export Google Sites Anda yang lama. Namun di sini saya hanya mencontohkan Google Sites saya (https://sites.google.com/a/ezul.net/web) yang belum saya beri domain.


Dan di bawah ini adalah halaman Google Sites yang baru:


Isikan account Google Sites Anda:


Lalu klik Export from Site. Aplikasi ini akan melakukan exporting ke directory yang Anda targetkan di komputer Anda.


Klik Done. Lalu lakukan Import ke Google Site yang baru dengan mengisikan webspace yang baru.


Klik Import to Sites.


Klik Done dan hasilnya sepeti di bawah ini:


Proses Export-Import sukses!

Catatan:
Setelah domain.com jadi domain alias untuk Google Sites untuk example.com, Anda tetap bisa mendaftarkan domain.com di Google Apps.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.