20 October 2010

Tamu Besar Planet Bumi

Tamu Besar Planet Bumi - Komet
Malam ini bumi kita bakal kedatangan tamu besar dari luar angkasa, yaitu sebuah komet. Sekarang komet tersebut masih dalam perjalanan mendekati pusat tata surya dan akan berada sangat dekat dengan bumi. Komet yang berdiameter 1,2 hingga 1,6 kilometer itu berada pada jarak terdekat sekitar 0,12 unit astronomi atau 18 juta kilometer. Akibatnya komet itu hanya akan terlihat sebagai titik cahaya saja.

Komet akan berada pada jarak paling dekat dengan Bumi pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 dan bakal terlihat dengan tingkat kecerlangan 5,55 magnitud. Tentu jauh dengan kecerlangan Planet Jupiter di dekat bulan yang mencapai -2,69 magnitud (makin kecil magnitud makin terang). Ekor komet mungkin tidak akan tampak dari Bumi karena posisi pengamat bakal membelakangi Matahari.

Bila temen-temen adalah orang yang beruntung maka temen-temen akan dapat melihat komet tersebut dengan mata telanjang. Untuk mengamati komet ini dengan mata telanjang diperlukan kejelian. Jika kondisi langit sangat gelap, orang bisa dengan mudah mengamati komet tersebut. Posisinya akan berada di arah timur laut dekat bintang Capella. Untuk membantu pengamatan lebih jelas, teleskop binokuler akan sangat membantu.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.