04 October 2010

Proteksi File Penting di USB dari Serangan Virus

Sebelumnya saya menuliskan artikel mengenai cara membasmi 'Virus Shortcut' dengan Microsoft Security Essentials (MSE). Pada postingan tersebut ada bagian yang terlupakan yang belum saya jelaskan. Yaitu penamaan folder dengan karakter yang bukan umumnya dipakai. Sebenarnya tujuannya adalah untuk melindungi atau memproteksi file di dalam USB dari virus.

Karakter yang bisa kita tuliskan di komputer sangatlah banyak, namun tidak tertera secara langsung di keyboard komputer kita. Semua karakter yang disediakan komputer kita bisa kita lihat di Character Map.

Character Map - Lindungi atau Proteksi File di USB dari Virus

Ada bisa langsung copy - paste dari Character map ini kemudian Anda tuliskan untuk penamaan folder Anda. Penulisan karakter tersebut membutuhkan pengaktifan NumLk dan kombinasi tombol Alt dan angka di bagian NumLk. Aktifkan NumLk pada keyboard kemudian tekan dan tahan tombol Alt + 2 + 6 + 1, tekan secara berurutan dan tahan. Kemudian dilepas secara bersamaan. Sehingga menghasilkan karakter: "♣".

Catatan:
Ingat! kombinasi angka yang anda tekan adalah angka pada bagian NumLk, biasanya pada bagian kanan keyboard.
Pada laptop, pengaktifan NumLk biasanya dengan cara menekan tombol Fn + NumLk dan angka NumLk bercampur dengan huruf J,K,L,... Mudah-mudahan tempatnya tidak beda dengan laptop Anda.
Karakter-karakter ini biasanya hanya terbaca di Windows Vista, Windows 7 keatas. Pada Windows XP ke bawah biasanya hanya terbaca 'kotak-kotak' saja.

Contoh lain:
Alt +213 (maksudnya Alt + 2 + 1 + 3) atau Alt + 245 = §
Alt +236 atau 230 = ↨
Alt +215 = Î
Alt +260 = ♦
Alt +261 = ♣
dst...

Hasilnya adalah tampak pada gambar di bawah ini:

Lindungi atau Proteksi File di USB dari Virus

Pada gambar di atas, 5 folder tidak berhasil disembunyikan oleh virus. Cara yang saya contohkan di atas cukup ampuh memproteksi file Anda di Flashdrive atau USB. Jangan biarkan virus shortcut terus merajalela.

Catatan:
File dokumen di dalam folder tersebut tidak akan ada masalah ketika dibuka atau dibaca. Namun, terkadang printer juga tidak mampu mencetak file dokumen di dalam folder tersebut. Jadi, keluarkan dulu dokumen Anda dari folder tersebut, sehingga bisa dicetak oleh printer.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post