11 October 2010

Mempercepat Kinerja Windows dengan Defrag Harddisk

Mempercepat Kinerja Windows dengan Defrag
Proses Defrag Hard Disk merupakan proses yang diyakini dapat mempercepat kinerja Windows. Proses defrag ini sama hal-nya menata kembali file-file di dalam harddisk. Awal mulanya byte-byte dari sebuah file ditulis ke harddisk. Begitu banyak file yang tertulis atau tersimpan di dalam harddisk hal ini membuat pembacaan file akan semakin lama.

Semakin banyak penulisan file lokasinya-pun semakin tidak beraturan. Tentunya perlu dirapikan agar kinerja Windows bisa normal kembali seperti semula. Mungkin Anda sendiri merasakan setelah beberapa umur komputer Anda dan data yang tersimpan-pun terlalu banyak. Akhirnya kinerja komputer akan semakin lambat. Hal ini dirasakan ketika Anda membuka suatu aplikasi dari harddisk Anda.

Defrag Harddisk adalah salah satu solusinya. Salah satu tools yang bisa Anda temukan di Start Menu > All Program > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.

Disk Defragmenter

Tools Defrag lain yang bisa Anda gunakan adalah Defraggler. Defraggler 1.21.209 adalah freeware Defrag yang terpopuler saat ini di filehippo.com dan urutan ke-enam diantara freeware-freeware kategori lainnya. Sudah cukup bukti bahwa freeware ini banyak digunakan oleh pengguna komputer dunia saat ini, termasuk saya.

Pririform Defraggler

Download Defraggler di sini.

Tutup semua aplikasi ketika Anda menjalankan tools ini agar proses defrag berjalan lebih cepat. Pada umumnya proses defrag bisa memakan waktu berjam-jam tergantung banyak file dan besar harddisk Anda. Untuk harddisk yang hanya dengan free space 10 % proses defrag akan sangat terasa lambat.

Pertama kali proses defrag akan terasa lama, selanjutnya akan lebih cepat. Lakukan defrag harddisk untuk komputer Anda, agar Anda semakin nyaman di depan komputer.

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.