23 August 2010

Tips Mengurangi Tagihan Listrik


Menekan Biaya Tagihan Listrik
Listrik merupakan kebutuhan hidup manusia yang sungguh tidak dapat dipungkiri lagi pengaruhnya, baik di desa apalagi dikota. Tanpa listrik, dunia ini seakan-akan lumpuh, kita umpamakan saja satu wilayah disebuah desa, jika didesa tersebut listrik sedang padam, hampir dipastikan kegiatan yang ada didesa tersebut akan terganggu, jika didesa saja begitu terlihat pengaruhnya, apalagi dikota-kota besar yang hampir semua kegiatan menggunakan energy yang satu ini, pastilah akan sangat mengganggu sekali.

Mungkin yang masyarakat fikirkan sekarang bukanlah dampak dari pengaruh listrik tadi untuk kelangsungan hidup manusia, tapi, sepertinya masyarakat Indonesia lebih berfikir ke harga tagihannya yang naik menjadi begitu mahal, dan tentu saja masalah ini menimbulkan perbincangan dan pertanyaan.
Apakah anda merasa menjadi pihak yang dirugikan karna mahalnya tarif listrik dirumah anda yang naik menjadi lebih mahal, jika iya, pasti anda inggin tarif tagihan listrik tadi menjadi berkurang bukan..?? yang dibutuhkan dari sebuah masalah adalah solusinya, dan disini saya ingin berbagi sedikit tips untuk anda agar beban tagihan listrik di rumah anda sedikit berkurang.
Dengan beberapa cara, kita bisa mengontrol tarif listrik dirumah kita dengan pola hidup sederhana. Antara lain :
1.      Memasang lampu ditempat-tempat yang benar-benar membutuhkan penerangan sesuai kebutuhan (misalkan diruangan tersebut cukup dengan lampu 20 Watt, maka tidak perlu berlebihan memasang lampu dengan daya yang lebih tinggi, karna itu sangat mempengaruhi beban listrik anda)
2.      Jangan menyalakan lampu, jika tidak perlu.
3.      Jika rumah anda panas dan harus memasang AC, matikan AC anda ketika pendinginan tidak sedang diperlukan (berlaku juga untuk semua jenis kipas angin)
4.      Gosoklah baju anda disiang hari dan jangan terlalu sering (maksudnya jika anda mempunyai setumpuk pakaian yang akan digosok, kerjakanlah sampai selesai waktu itu juga, jangan setengah-setengah, karena perhitungan beban menurut KWH meter akan lebih ringan jika anda mengerjakannya sekali walaupun waktunya agak sedikit lama)
5.      Jika anda akan pergi meninggalkan rumah anda, lebih baik semua lampu dan semua alat elektronik dimatikan jika tidak diperlukan.
6.      Jika anda pengguna mesin cuci dan bukan termasuk orang yang beraktivitas padat, alangkah baiknya anda mengurangi penggunaan mesin cuci anda.
7.      Gunakannlah peralatan elektronik atau komponen-komponen listrik yang berkualitas, selain tahan lama, bisaanya peralatan yang berkualitas mempunyai penghantar yang bagus.
Demikian tadi sedikit tips dari kami, jika banyak kekurangan anda bisa mencari referensi dari blog lain yang lebih lengkap.
Semoga bermanfaat, dan tentunya mengurangi beban tagihan listrik di rumah anda.
Terima kasih..!

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.