28 July 2010

Tips Menghindari Virus Komputer dari USB Bervirus

Mungkin Anda khawatir dengan sebuah USB/Flashdrive/FlashDisk atau bahkan Harddisk External Anda membawa virus dari komputer lain. Apalagi sebelumnya Anda telah menggunakan USB ini di komputer lain yang Anda yakin komputer itu bervirus. Komputer yang sudah bervirus dengan virus yang aktif otomatis ketika tertancap USB virus langsung masuk USB. Mungkin Anda sendiri pernah mengalami hal seperti ini.

Penyakit utama adalah Anda menancapkan USB di komputer yang sering berganti-ganti pengguna, misalnya di warnet. Tidak menjamin 100% komputer warnet bebas virus. Bahkan komputer laboratorium komputer sendiri yang banyak pengguna yang bergantian, tidak menutup kemungkinan juga bervirus.

Sekarang bagaimana Anda mengatasi hal ini agar USB Anda aman dari virus komputer-komputer di sana. Ini sangat sulit untuk menghindarinya meskipun ada beberapa tehnik yang bisa dilakukan. Di sini saya akan membahas mencegah virus atau menghindari virus masuk ke komputer Anda sendiri dari USB bervirus.

Pada kasus ini Anda sudah tahu bahwa USB Anda bervirus dan Anda kurang yakin Antivirus Anda di di komputer milik Anda masih Update. Jangan khawatir ketika Anda menancapkan USB ke komputer/laptop Anda. Apalagi Anda tidak berani menancapkannya ke komputer Anda, bahkan Anda membuang USB ini jauh-jauh. hahahaha.... Jangan begitu. Ikuti langkah-langkah berikut:
Pertama, Colokkan atau tancapkan USB bervirus ke komputer Anda dengan keadaan komputer sudah menyala seperti biasa, mungkin Anda selesai bekerja dengan komputer ini. Buka Windows Explorer. Mungkin dari Anda ada juga yang membuka dengan cara seperti di bawah ini:

Tidak Anda masalah dengan membuka Windows Explorer seperti itu. Cara ini juga sama saja dengan menggunakan shortcut dari keyboard yaitu Win + E. Atau masih ada cara lain untuk masuk ke sini. Catatan penting: Jangan sekali-kali membuka langsung folder USB ketika Autorun dari USB muncul. Biasanya ketika USB tertancap langsung muncul Autorun USB. Mohon jangan buka dari situ. Ikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di sini saja ya... Setelah Windows Explorer terbuka seperti di bawah ini, janganlah membuka USB dari penunjuk Nomor 1 tetapi klik Nomor 2 dahulu.

Ketika Anda mengklik Nomor 1, maka virus dari USB Anda akan segera menyebar ke komputer Anda. Begitulah cara virus menyebar. Virus di dalam USB tidaklah aktif namun ketika di buka dari Nomor 1 virus akan aktif. Karena virus yang sebelumnya masuk ke dalam USB membawa sebuah file Autorun.inf. File ini akan berisi perintah menjalankan virus tersebut. Autorun.inf akan berfungsi ketika Anda membuka USB dari Nomor 1.

Setelah Anda klik Nomor 2, klik USB Anda dari samping kiri (pada Tree View) ikuti sesuai tanda petunjuk pada gambar di bawah ini:

Pada gambar di atas EZULK-DataBackUp adalah USB saya. Bukalah USB menurut petunjuk di atas. Setelah itu Anda bebas membuka folder-folder di dalam USB Anda. Terserah dari mana Anda membukanya. Asal Anda harus hati-hati jangan sampai anda membuka file virus-nya. Percuma dong kalo virusnya di klik.

Jika komputer Anda mempunyai Antivirus, harap USB di scan dahulu sebelum membuka folder USB. Semoga Tips ini menginspirasi Anda dan komputer Anda jauh dari virus-virus nakal. Apalagi zaman sekarang virus makin berbahaya. Ada kemungkinan juga virus masih tetap menyebar walaupun cara ini dipakai. Tapi saya sendiri menggunakan cara seperti ini, alhasil komputer saya tidak terjangkit virus nih...
Tips ini sangat efektif untuk pengguna Windows XP ke bawah, Windows Vista, bahkan Windows 7. Namun pada Windows 7 ketika Anda membuka Windows Explorer (Win + E) tidak seperti pada XP dan Vista. Bisa dikatakan Windows 7 lebih aman. Saya sendiri pake Windows 7 Enterprise + Windows XP Mode.

Cukup sekian. Tunggu Tips dari saya selanjutnya!


Amazon products:
McAfee AntiVirus Plus 3User 2010 Norton Antivirus 2010 1-User Kaspersky Anti-Virus 2010 3-User


Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.