28 July 2010

Memunculkan Folder dan File yang Disembunyikan Virus

Setelah saya memberi sedikit tips mengenai cara menghindari virus masuk dari USB sekarang saya akan memberi tahu cara-cara memunculkan kembali folder-folder dan file-file yang disembunyikan virus. Kenapa virus menyembunyikan folder atau file? Jawabnya karena virus membuat file tiruan yang menyerupai file asli di dalam folder itu sehingga pengguna komputer meng-klik file virus tersebut dan hasilnya virus berhasil menyebar. Sungguh jahat virus ini, virus tidaklah membuang/menghapus file asli begitu saja, melainkan hanya di hidden/disembunyikan ditempat yang sama.

Yang paling sering terjadi folder/file dihidden adalah USB. Bagaimana memunculkannya kembali? Sangatlah mudah. Bukalah Command Prompt. Banyak pilihan menuju command prompt sebagai berikut:
Cara pertama: Tekan Win + R, kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda petik). Di sinilah Command Prompt.
Cara ke-dua: Klik Start Menu, kemudian klik Run, dan ketik "cmd". Di sini juga command prompt.
Cara ke-tiga: Klik Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt.
Cara ke-empat: Untuk pengguna Windows Vista dan 7 keatas Klik Start Menu, ketik "cmd" pada textbox Search Program and Files kemudian klik cmd.exe.

Ketika Command Prompt sudah terbuka. Masuklah ke Drive/USB yang folder/file disembunyikan virus. Misalnya USB Anda berada di Drive Letter H. Pada Command Prompt ketiklah perintah berikut (huruf besar/kapital maupun kecil tak masalah):
F:
Kemudian tekan Enter. Untuk mengetahui list folder dan file di USB ketikkan perintah berikut:
dir
Kemudian tekan Enter. Sekarang ketikkan perintah di bawah ini untuk memunculkan folder dan file yang disembunyikan.
Attrib -s -h -r -a /s /d
Tekan Enter. Tunggu beberapa saat samapai folder atau file Anda yang hilang benar-benar muncul. Dan posisi kursor pada Command Prompt seperti awal kembali ketika akan mengetikkan perintah.
Sedikit penjelasan untuk perintah di atas. Hidden merupakan sebuah atribut file selain System, Read Only, dan Archive. Kemudian perintah -s untuk menandai folder/file tersebut bukan milik System, -h untuk menghilangkan atribut Hidden, -r untuk menghilangkan status Read Only, dan -a untuk menghilangkan status Archive. cmmiw.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Tunggu Tutorial dan Tips saya selanjutnya.

Amazon products:
McAfee AntiVirus Plus 3User 2010 Norton Antivirus 2010 1-User Kaspersky Anti-Virus 2010 3-User

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.