27 July 2010

Install IntenseDebate untuk Blogger

Anda mungkin pernah mendengar IntenseDebate, umumnya dipakai di Wordpress. Jika Anda main-main ke techcrunch.com Anda akan menemukan form komentar yang menggunakan IntenseDebate. Blog ini menggunakan Disqus, mudah-mudahan dilain kesempatan saya menuliskan tentang Disqus juga. Mengenai IntenseDebate, sekarang Anda pun bisa mencoba juga di http://www.ezul.net. Dan sekarang kami ingin mengajak Anda untuk sedikit mencoba mengetahui lebih dalam mengenai IntenseDebate ini tentang instalasinya di Blogger bukan di Wordpress yang katanya lebih mudah dibanding di Blogger yang perlu kejelian.

Sekarang kunjungi intensedebate.com buatlah akun di sana, nanti anda akan diminta untuk mengklik link verifikasi yang terkirim ke email Anda.

Setelah itu login lah dan masuk ke intensedebate.com/install. Anda akan diminta memasukkan URL Blog atau website yang akan dipasang IntenseDebate.
Selanjutnya pilih Blogger pada pilihan choose platform di bawah ini:

Selanjutnya tibalah Anda di Instalasi yang cukup rumit. Namun bisa Anda ikuti petunjuk secara teliti. Bacalah perintah-perintahnya pada tahap Installation ini. Kebetulah saya pada pertanyaan nomor 1 & 2 saya memilih jawaban berikut:
Pada pertanyaan How would you like to install IntenseDebate? Saya pilih Template. Menurut penjelasannya ini akan membuat load halaman lebih cepat dari pada pilihan widget. Dan pada pertanyaan ke-dua saya pilih On all blog post agar IntenseDebate terinstall di semua postingan blog. Namun IntenseDebate tidak terinstall dipostingan yang sudah ada komentar sebelumnya.
Selanjutnya kita menuju ke Template Install. Pada bagian ini lah Anda akan melakukan penginstalan pada Template. Perhatikan perintah-perintahnya. Di sini Anda diminta untuk masuk Blogger.com dan menuju ke Design > Edit HTML. Dan Anda diminta untuk men-Dowload Full Template kemudian simpan di komputer Anda.

Setelah itu Anda diminta untuk meng-upload  Template yang sudah di-download tadi:

Selesai sudah dan ikuti langkah selanjutnya. Anda diminta untuk mengkopi kode yang sudah disediakan untuk me-replace kode HTML blog Anda.
Cukup mudah bukan? Baca instruksi pada website tersebut saat instalasi.
Semoga membantu...
Dan beikut ini hasilnya:


--
Related post:
Menambahkan Facebook, Twitter, and Digg Button Pada Blogger atau Blogspot
Free Blogger Template: Bcute

Artikel ini membantu? Silahkan klik tombol like dan share
Jangan lewatkan artikel terbaru Mr Gaptek! Silahkan berlanggan dengan klik tombol like
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tinggalkan pesan jika ada pertanyaan atau hal lainnya.